Profil Jonathan Khemdee, Provaktor Rusuh Thailand vs Indonesia OTW Lawan Vietnam

"Pemain ini bikin ulah di SEA Games 2021. Masih ingat?"

Biografi | 11 May 2023, 06:44
Profil Jonathan Khemdee, Provaktor Rusuh Thailand vs Indonesia OTW Lawan Vietnam

Libero.id - Jadwal padat kompetisi domestik membuat beberapa pemain SEA Games 2023 harus datang terlambat dan baru bergabung di pertandingan terakhir fase grup. Contohnya, Jonathan Khemdee. Setelah absen di tiga laga awal, pemain Ratchaburi FC akan bertanding di duel terakhir kontra Vietnam, Kamis (11/5/2023).

Jonathan Khemdee bukan sosok asing bagi netizen +62? Kalau anda menyaksikan semifinal SEA Games 2021, pasti ingat dengan pemain yang satu ini.

Ketika itu, Indonesia menghadapi Thailand dalam pertandingan yang penuh ketegangan, panas, dan dibumbui sedikit friksi. Pada menit-menit akhir saat Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong berusaha mengejar defisit gol, Jonathan Khemdee muncul sebagai "anak nakal".

Jonathan Khemdee melakukan provokasi yang memancing emosi pemain-pemain Indonesia. Konflik itu berujung kartu merah untuk Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

Hanya butuh beberapa detik, akun media sosial Jonathan Khemdee langsung diserbu warganet Indonesia. Mereka menumpahkan kemarahan. Akun Instagram Jonathan Khemdee yang ketika itu diikuti sekitar 50 ribu orang langsung hilang dari peredaran akibat serangan netizen +62.

Kini, di SEA Games 2023, Jonathan Khemdee kembali. Bek berpostur 191 cm baru bergabung dengan Thailand di SEA Games 2023 setelah menyelesaikan Thai League 1 2022/2023 bersama Ratchaburi FC.

Kedatangan Jonathan Khemdee dianggap pada waktu yang tepat karena Thailand akan menjalani pertandingan terakhir Grup B, semifinal, dan kemungkinan besar final.

"Saya merasa baik-baik saja. Kebugaran saya dinilai sudah siap. Saya sedikit lelah karena saya baru saja bermain melawan Buriram United dan langsung pergi ke Kamboja. Tapi, saya sangat siap untuk bermain melawan Vietnam," Jonathan Khemdee di akun Instagram resmi timnas Thailand, @changsuek.

"Kami ingin memenangkan setiap pertandingan dan memiliki kepercayaan diri untuk mengalahkan tim kuat seperti Vietnam. Setelah itu baru berpikir semifinal. Kita lihat saja nanti siapa yang akan menjadi lawan kita," tambah Jonathan Khemdee.

Lahir di Surin, 9 Mei 2002, Jonathan Khemdee adalah pesepakbola berpaspor Thailand keturunan Denmark. Dia tumbuh dan besar di Skandinavia.

Jonathan Khemdee memulai karier sepakbola ketika berada di klub lokal amatir di kampung halamannya di Denmark, Svendborg FB dan Sakrup IF. Setelah itu, Jonathan Khemdee melanjutkan karier ke klub profesional yang lebih bergengsi dengan bergabung ke Odense Boldklub (OB).

Itu bukan klub sembarangan. Di klub itu lahir banyak pemain kelas dunia. Salah satunya Christian Eriksen.

Debut Jonathan Khemdee bersama tim utama OB diLiga Super Denmark terjadi pada 10 Maret 2021. Beberapa hari kemudian, dia tampil sebagai starter melawan FC Midtjylland pada leg kedua perempat final Piala Denmark.

Tapi, sejak 21 Januari 2021, Jonathan Khemdee memutuska kembali ke tanah kelahirannya. Dia memilih bermain di Thai League 1 bersama Ratchaburi FC. Selanjutnya, panggilan timnas Thailand U-23 didapat, dan tampil di SEA Games 2021 dengan hasil medali perak.

Dari 15 penampilan untuk Thailand U-23, Jonathan Khemdee sudah mencetak 2 gol. Dua-duanya gol itu tercipta sebelum SEA Games 2023 saat tampil di turnamen junior di Qatar bertajuk Piala Doha 2023.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network