Profil Safawi Rasid, Bintang Timnas Malaysia Dirumorkan OTW Liga Indonesia

"Kuota ASEAN bikin klub Indonesia bergerilya ke Negeri Jiran."

Biografi | 10 May 2023, 17:00
Profil Safawi Rasid, Bintang Timnas Malaysia Dirumorkan OTW Liga Indonesia

Libero.id - Seperti di era Indonesia Super League (ISL), Liga Indonesia 2023/2024 akan mengakomodasi kuota pemain ASEAN. Jadi, akhir-akhir ini banyak pesepakbola negeri tetangga yang dihubungkan dengan beberapa tim Indonesia. Salah satunya, Safawi Rasid dari Malaysia. Siapa dia?

Setelah Safee Sali bermain untuk Pelita Jaya dan Arema Cronus, praktis tidak ada lagi pesepakbola Malaysia di Indonesia.

Namun, hal itu tampaknya akan berakhir musim depan. Dengan regulasi baru pemain asing yang mengakomodasi pesepakbola Asia Tenggara, Safawi Rasid berpotensi menjadi pemain Malaysia kedua yang memberanikan diri berkompetisi di Indonesia.

Rumor Safawi Rasid ramai diperbincangkan di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Konon, tiga klub, Persib Bandung, PSM Makassar, dan Persija Jakarta tertarik mendatangkan pemain berusia 26 tahun itu.

Kabar menyebut, untuk mendatangkan Safawi Rasid, klub Indonesia harus meminjam dari Johor Darul Takzim (JDT). Sebab, Safawi Rasid masih milik JDT dan saat ini sedang dipinjamkan ke klub Thai League 1, Ratchaburi FC. Kontrak peminjaman Safawi Rasid berakhir bulan ini.

Bagi penggemar sepakbola Asia Tenggara, Safawi Rasid bukan sosok asing. Lahir di Dungun, negara bagian Terengganu, 5 Maret 1997, Muhammad Safawi bin Rasid adalah produk asli klub lokal Terengganu FC (dulu T-Team).

Uniknya, orang yang berjasa mengorbitkan Safawi Rasid adalah orang Indonesia. Dia adalah Rahmad Darmawan, yang pada 2015 menukangi T-Team. Saat itu, berusia sekitar 17 tahun, Safawi Rashid diberi kepercayaan Rahmad Darmawan untuk menjalani debut profesional liga.

Bersama T-Team,  Safawi Rasid bermain 35 laga. Kepercayaan Rahmad Darmawan itu membuat mental Safawi Rasid naik dan dipanggil timnas Malaysia U-23. Lalu, ke timnas senior Malaysia.

Performa  Safawi Rasid langsung menarik perhatian klub paling kaya di Negeri Jiran, JDT. Mereka menontrak  Safawi Rasid. Dan, tidak terlalu lama, dirinya moncer.  Dengan Harimau Selatan, Safawi Rasid  dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Super Malaysia 2018 dan 2019 .

Penampilan dengan JDT membuat Safawi Rasid dipinjam klub Portugal, Portimonense, pada 2020. Tapi, kualitas Eropa memang beda dengan Asia. Dia hanya bermain sekali, sehingga kemudian memutuskan pulang ke Malaysia.

Karier Safawi Rasid kemudian berlanjut dengan dipinjamkan JDT ke Ratchaburi FC pada 4 December 2022 Debutnya terjadi pada 21 Januari 2023 dan pada 19 Maret 2023 mencetak gol pertama di Thai League 1 saat klub yang diperkuatnya mengalahkan Chonburi FC 2-1.

Jadi, layak ditunggu apakah rumor Safawi Rasid benar-benar terwujud atau hanya bunga-bunga transfer window Liga Indonesia 2023/2024.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network