Profil Cyrus Margono, Kiper Panathinaikos B OTW Bela Timnas Indonesia

"Sedang dalam proses menuju parpor Garuda lagi."

Biografi | 03 May 2023, 14:59
Profil Cyrus Margono, Kiper Panathinaikos B OTW Bela Timnas Indonesia

Libero.id - Banyak pemain keturunan Indonesia yang benar-benar ingin memperkuat timnas Indonesia. Tapi, jarang yang berposisi sebagai kiper. Dan, Cyrus Margono adalah sosok yang masuk dalam kategori jarang tersebut.

Cyrus Margono adalah pemain sepakbola profesional yang saat ini bermain di kompetisi Yunani bersama Panathinaikos B. Sejak lama, dia ingin membela negara tempat ayahnya, Johan Margono, lahir dan besar. Tapi, Cyrus Margono saat ini memegang paspor Amerika Serikat.

Kini, Cyrus Margono berusaha mengurus paspor Indonesia agar mendapatkan panggilan tim nasional. Pasalnya, Shin Tae-yong juga sudah mengamati gerak-gerik pemuda berpostur 190 cm.

Cyrus Margono lahir di Mount Kisco, Amerika Serikat (AS), 9 November 2001. Di kota kelahirannya itulah Cyrus Margono memulai berlatih sepakbola sejak berusia 4 tahun. Ayahnya berasal dari Bali dan tumbuh di Surabaya, Sementara ibunya asli Iran. Jadi, dia bisa membela tiga tim nasional anggota FIFA.

Ketika remaja, Cyrus Margono membela klub sepakbola di sekolahnya, SMA Sleepy Hollow, New York.

Setelah lulus pada 2019, Cyrus Margono melanjutkan pendidikan ke University of Denver. Setahun kemudian, pindah ke University of Kentucky. Dia dua universitas itu, dirinya bermain di kompetisi mahasiswa (NCAA).

Cyrus Margono juga sempat berlatih di Akademi Inter Milan, meski tidak lama dan gagal mendapatkan kontrak. Tapi, dalam sebuah momen pada 2021 saat berlibur ke Eropa, dia bertemu Maarten Arts. Dia merupakan pelatih kiper asal Belanda dan pernah menangani FC Utrecht.

Oleh Maarten Arts, Cyrus Margono diajak bergabung ke Panathinaikos. Para pihak setuju, dan Cyrus Margono dimasukkan ke Panathinaikos U-23 (Panathinaikos B), yang tampil di Divisi II Yunani.

Catatan menunjukkan, musim ini Cyrus Margono telah tampil empat kali di kasta kedua. Dari empat pertandingan yang diikuti, gawangnya tertembus bola empat kali. Dirinya juga mencatatkan dua kali clean sheets. Itu berarti, Cyrus Margono akan menjadi kiper yang akan mengeser Nadeo Argawinata jika paspor Garuda dimiliki.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network