Media Vietnam Khawatir Timnas U-20 Gantikan Timnas U-22 ke SEA Games 2023

"Kalau tim ini yang main, optimistis medali emas."

Feature | 31 March 2023, 23:23
Media Vietnam Khawatir Timnas U-20 Gantikan Timnas U-22 ke SEA Games 2023

Libero.id - Setelah dipastikan gagal mentas di Piala Dunia U-20 2023, kini ada opsi yang muncul untuk menjadi obat pelipur lara timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong. Hokky Caraka dkk layak diberangkatkan ke SEA Games 2023 di Kamboja lantaran persiapan timnas U-22 besutan Indra Sjafri mengkhawatirkan.

Meski opsi memberangkatkan timnas U-20 ke Kamboja sedang digodok PSSI, media Vietnam ternyata sudah mengupas masalah ini dalam-dalam. Contohnya, Zingnews.

"Ajang sepakbola terdekat yang dibidik tim sepakbola Indonesia adalah perebutan medali emas SEA Games ke-32. Terakhir kali mereka mendapatkannya (juara) adalah pada 1991," tulis Zingnews.

Media itu juga khawatir jika timnas U-20 yang berangkat ke SEA Games 2023. Pasalnya, ini adalah tim yang memang dipersiapkan jauh-jauh hari untuk tujuan besar bermain di Piala Dunia U-20. Mereka menyebut jika timnas U-20 yang bermain di Kamboja, lawan-lawan Indonesia harus hati-hati, termasuk Vietnam.

Vietnam U-22 baru saja mendapatkan banyak kritik dari publik lokal setelah tampil memalukan pada turnamen pemanasan di Qatar bertajuk Piala Doha. Saat itu, mereka menjalani tiga pertandingan dengan kekalahan-kekalahan telak dari Irak dan Uni Emirat Arab (UEA).

Di sisi lain, timnas U-22 asuhan Indra Sjafri juga memiliki kendala yang sangat berat. Direktur Teknik PSSI itu kesulitan mengumpulkan pemain utama dari Liga 1 2022/2023. Jadi, dirinya memutuskan memanggil pemain-pemain dari Liga 2. Masalahnya, kualitasnya jauh sekali.

Buktiknya, hingga sebulan sebelum SEA Games 2023, Indra Sjafri belum memiliki kerangka tim. Garuda Muda juga belum mendapatkan lawan uji coba yang bisa digunakan untuk mengukur kekuatan.

"Indonesia membutuhkan waktu 32 tahun tanpa mendapatkan kembali medali emas SEA Games di sepakbola putra. Itu adalah waktu yang sangat lama. Tapi, sekaranglah saatnya era sepakbola Indonesia mengambil alih kembali medali emas dengan tim yang gagal ke Piala Dunia U-20 itu," tulis Zingnews.

Jadi, layak ditunggu apakah timnas U-20 dengan skuad lengkap, termasuk Shin Tae-yong, yang akan berangkat ke SEA Games 2023, atau tetap timnya Indra Sjafri? Atau, bisa juga digabung.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network