Profil Jakub Jankto, Kawan Bek Persija Jakarta yang Mengaku Penyuka Sesama Jenis

"Pernyataan yang mengejutkan. Siapa dia?"

Biografi | 24 February 2023, 05:20
Profil Jakub Jankto, Kawan Bek Persija Jakarta yang Mengaku Penyuka Sesama Jenis

Libero.id - Meski LGBT wajar dan normal di Eropa, ternyata setiap pengakuan yang keluar dari mulut seseorang tetap mengejutkan. Contohnya, pemain tim nasional Republik Ceko, Jakub Jankto. Kawan bek Persija Jakarta, Ondrej Kudela, itu mengaku sebagai penyuka sesama jenis.

Pekan lalu, sehari sebelum Hari Valentine, sepakbola Eropa dikejutkan pengakuan  Jakub Jankto. Melalui akun media sosialnya, gelandang Getafe yang sedang dipinjamkan ke Sparta Praha itu mengumumkan kepada dunia bahwa dirinya "homoseksual" dan "tidak lagi ingin menyembunyikan diri lagi".

"Seperti orang lain, saya punya kekuatan. Saya punya kelemahan. Saya punya keluarga. Saya punya teman. Saya memiliki pekerjaan yang telah saya lakukan sebaik mungkin selama bertahun-tahun dengan keseriusan, profesionalisme dan semangat," tulis Jakub Jankto di Instagram.

"Keputusan ini sangat penting dan saya sangat senang. Bagi sebagian orang, itu adalah revolusi. Bagi saya, itu adalah sesuatu yang sangat normal," tambah Jakub Jankto.

Pengakuan itu membuat  Jakub Jankto banjir pujian. Pemuda berusia 27 tahun menerima sambutan luar biasa dari para penggemar Sparta Praha setelah masuk dari bangku cadangan dalam kemenangan 3-0 atas Jablonec, akhir pekan lalu. Tampaknya, itu sebuah bentuk dukungan moral terhadap keberaniannya.

Jakub Jankto mengikuti jejak Jake Daniels dari Blackpool atau Josh Cavallo dari Adelaide United. Keduanya telah lebih dulu mengungkapkan bahwa mereka adalah gay.

"Segala sesuatu yang lain menyangkut kehidupan pribadi tidak ada komentar lebih lanjut. Tidak ada pertanyaan lebih lanjut. Anda mendapat dukungan kami. Jalani hidupmu, Jakob," tulis pernyataan Sparta Praha di Twitter dan Instagram resminya.

Pertanyaannya, siapa dia? Jakub Jankto lahir di Praha, 16 Januari 1996. Dia dididik di Slavia Praha saat junior. Di klub itulah Ondrej Kudela bermain selama lima musim sebelum mewujudkan cita-cita masa kecilnya membela Persija Jakarta di BRI Liga 1 2022/2023.

Di usia yang masih muda, Jakub Jankto pindah ke Italia membela Udinese. Mulanya di tim Primavera, kemudian naik kelas ke skuad utama. Kemudian, dipinjamkan ke Ascoli sebelum diikat Sampdoria. Lalu, sejak 2021, Jakub Jankto bermain untuk Getafe. Tapi, pada 2022, dia dipinjamkan ke Sparta Praha.

Layaknya Ondrej Kudela, Jakub Jankto juga berstatus pemain nasional Republik Ceko sejak tim junior. Dia punya 45 caps dan 4 gol di timnas senior. Sementara Ondrej Kudela punya 10 caps.

Yang cukup unik dan aneh adalah, dua tahun sebelum mengaku gay, Jakub Jankto bercerai dengan Marketa Ottomanska. Dari pernikahan dengan model cantik majalah dewasa itu, Jakub Jankto punya seorang anak laki-laki.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network