Wasit Jepang di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022 Bikin Vietnam Deg-degan

"Konon, dia tidak seperti Omar Al Yaqoubi dan Ryuji Sato. Semoga.."

Biografi | 08 January 2023, 09:32
Wasit Jepang di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022 Bikin Vietnam Deg-degan

Libero.id - Tim nasional Vietnam mencemaskan wasit leg kedua semifinal Piala AFF 2022 melawan Indonesia di My Dinh National Stadium, Hanoi, Senin (8/1/2023) malam WIB. Meski berasal dari Jepang, Araki Yusuke dipastikan beda dengan wasit laga kontroversial saat melawan Malaysia, Ryuji Sato. Dia juga beda dengan Omar Al Yaqoubi dari Oman.

The Golden Star mendapatkan banyak sorotan terkait wasit selama Piala AFF 2022. Cotohnya ketika melawan Malaysia di fase grup. Kemudian, di leg pertama semifinal kontra Indonesia.

Menanggapi keluhan dari banyak orang, khususnya media dan negara peserta lainnya, AFF memilih wasit asal Jepang lainnya untuk memimpin pertandingan Vietnam vs Indonesia di leg kedua. Dia Araki Yusuke, yang berusia 36 tahun dan memiliki pengalaman 10 tahun.

Araki Yusuke akan ditemani dua asisten wasit yang sama-sama berasal dari Negeri Sakura. Mereka adalah Watanabe dan Hamamoto Yusuke.

Siapa dia? Menurut Sport5, Araki Yusuke kanak-kanak bercita-cita menjadi pemain sepakbola. Tapi, persaingan yang ketat untuk masuk ke J.League membuat dirinya memutuskan kuliah. Kemudian, mengikuti pendidikan wasit di usia yang masih cukup muda.

Di usia 30 tahun, dia sudah menjadi wasit di kompetisi kasta tertinggi Jepang, J1 League. Bahkan, pada usia 31 tahun, dia berhasil meningkatkan statusnya menjadi wasit FIFA.

Seperti yang tertera di Transfermakt, Araki Yusuke sudah memimpin 266 pertandingan. Hasilnya, mengeluarkan 21 kartu merah tidak langsung, 17 kartu merah langsung, dan 683 kartu kuning.

Uniknya, Araki Yusuke pernah memimpin pertandingan Vietnam, dan hasilnya kurang menyenangkan. Pada perempat final Piala Asia U-23 2022, Vietnam vs Arab Saudi, Araki Yusuke mengusir penjaga gawang Vietnam U-23, Quan Van Chuan, karena melakukan pelanggaran. Itu dilakukan setelah berkoordinasi dengan VAR.

Dengan wasit yang kredibel, diharapkan kepemimpinan Ryuji Sato saat Vietnam menjamu Malaysia atau Omar Al Yaqoubi ketika melawan Indonesia tidak terulang. Saat itu, The Golden Star diuntungkan banyak keputusan wasit.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network