Ini Nilai Klausul Pelepasan Setiap Pemain Barcelona, Messi Bukan yang Tertinggi

"Padahal harga harus ditebus jika ingin boyong Messi mencapai 700 juta euro, tetapi ada yang lebih tinggi lagi."

Feature | 21 August 2020, 12:53
Ini Nilai Klausul Pelepasan Setiap Pemain Barcelona, Messi Bukan yang Tertinggi

Libero.id - Barcelona sedang dalam krisis. Untuk pertama kalinya dalam 12 tahun, klub Catalunya itu menyelesaikan musim tanpa trofi.

Tetapi kekacauan yang sebenarnya jauh melampaui apapun, bukan sekadar tidak memenangkan trofi. Seluruh klub dilaporkan dalam kondisi berantakan dari atas ke bawah.

Gerard Pique mengatakan banyak hal setelah kekalahan memalukan 8-2 dari Bayern Munich di perempat final Liga Champions. "Klub membutuhkan perubahan dan saya tidak berbicara tentang pelatih atau pemain mana pun. Klub membutuhkan perubahan besar. Kami telah mencapai titik terendah. Kami perlu merenung dan melakukan yang terbaik untuk klub," kata bek timnas Spanyol itu.

"Aku akan menjadi orang pertama yang menawarkan untuk pergi jika Barca lebih membutuhkan tenaga baru,” Tambah Pique.

Pernyataan Pique makin diperkuat oleh Mundo Deportivo, Barca kelak bisa saja menjual seluruh pemain, melakukan perombakan besar-besaran, kecuali menyisakan tujuh  pemain yang masih dianggap layak.

"Siapa yang tidak dijual? Leo Messi," kata Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu kepada Barca TV. "Dia tahu itu. Dia pemain terbaik di dunia.”

"Kami juga akan berbicara tentang [Marc-Andre] ter Stegen, [Nelson] Semedo, [Frenkie] de Jong, [Clement] Lenglet, [Ousmane] Dembele ... [Antoine] Griezmann juga.” Sisanya dilaporkan bisa dibuang.

Meski sulit membayangkan hal ini terjadi. Tentu ini kabar baik untuk kesebelasan lain. Kira-kira berapa biayanya bagi klub untuk merekrut para pemain dari Barcelona? Klausul rilis adalah jawaban atas pernyataan itu. Nilai klausul rilis setiap pemain Barcelona telah diungkapkan oleh Squawka. Mari kita lihat, harga yang harus ditebus klub lain jika hendak meminang skuad El Barca pada musim yang sial ini:

26. Carles Alena - 75 juta Euro

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Didikan akademi La Masia ini menempati posisi yang paling bawah dalam urusan standar harga jual. Tapi Carles Arena masih muda, 22 tahun sama dengan karir yang masih terbentang panjang bagi jagoan muda lini tengah Spanyol ini.

22. Moussa Wague - 100 juta Euro

Rekan satu angkatan Alena berada setingkat di atas. Moussa Wague yang pada awal musim panas lalu dipinjamkan ke klub Perancis OGC Nice kabarnya bakal dipulangkan ke Camp Nou. Namun klub lain boleh saja mematenkan jasanya. Tentu dengan catatan klausul rilis.

22. Ronald Araujo -  100 juta Euro

Pemain muda timnas Uruguay ini sebenarnya punya masa depan yang lebih panjang di Barcelona. Musim 2018 Araujo dimainkan di Barcelona B saat setelah tiba dari klub lokal di negaranya.

22. Riqui Puig - 100 juta Euro

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Gelandang tengah didikan La Masia ini punya angka yang lumayan bagus. Tapi Puiq adalah bagian dari proyeksi jangka panjang Barcelona.

22. Nelson Semedo
Klausul rilis : 100 juta Euro

21. Ivan Rakitic
Klausul rilis: 125 juta Euro

20. Jean-Clair Todibo
Klausul rilis: 150 juta Euro

19. Ansu Fati

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Klausul rilis: 170 juta Euro (Rp 2,95 triliun)

18. Marc-Andre ter Stegen
Klausul rilis: 180 juta Euro

17. Junior Firpo
Klausul rilis:  200 juta Euro

16. Neto
Klausul rilis:  200 juta Euro

15. Luis Suarez
Klausul rilis:  200 juta  Euro

14.  Arturo Vidal
Klausul rilis:  300 juta Euro

13. Clement Lenglet
Klausul rilis:  300 juta Euro

12. Martin Braithwaite
Klausul rilis:  300 juta Euro

11. Frenkie de Jong
Klausul rilis: 400 juta Euro

10. Miralem Pjanic - 400 juta Euro

Libero.id

Kredit: juventus.com

Satu-satunya pemain dalam daftar ini yang belum melakukan debut sebab mantan gelandang andalan Juventus ini baru saja menyelesaikan tanda tangan kontrak yang berdurasi 4 tahun. Lini tengah Barcelona memang banyak yang bolong, Pjanic sengaja didatangkan untuk urusan itu.

9. Ousmane Dembele
Klausul rilis: 400 juta Euro

8 . Jordi Alba
Klausul rilis: 500 juta Euro

7. Francisco Trincao
Klausul rilis: 500 juta Euro

6 . Sergio Busquets
Klausul rilis: 500 juta Euro

5 . Samuel Umtiti
Klausul rilis: 500 juta Euro

4 . Sergi Roberto
Klausul rilis:  500 juta Euro

3 . Gerard Pique
Klausul rilis: 500 juta Euro

2. Lionel Messi - 700 juta Euro (Rp 12,1 triliun)

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Siapa sangka seorang King Leo menempati posisi 2. Pemain yang belum pernah membela klub manapun, selain klub yang menyelamatkan hidupnya ini. Rasanya mustahil untuk dilepas begitu saja oleh Barcelona. Begitupun Messi, secara hitung-hitungan tak mungkin bakal hengkang dari Camp Nou. Hubungan Barcelona dan Messi lebih dari apapun.

1. Antoine Griezmann
Klausul rilis:  800 juta Euro

Itulah tadi 26 pemain yang jadi nilai tambah Barcelona saat ini. Klausul rilis termurah adalah Alena yang berusia 22 tahun, dia hanya tampil lima kali untuk tim utama musim ini dengan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan status pinjaman di Real Betis.

Pemain lain yang lebih muda, Ansu Fati memiliki klausul rilis yang relatif besar 170 juta Euro. Namun, nominal itu diperkirakan akan meningkat menjadi  400 juta Euro saat ulang tahunnya yang ke-18 pada tanggal 31 Oktober 2020 mendatang.

Yang mengejutkan, Barcelona memicu lonjakan klausul rilis atas nama Martin Braithwaite, pada bulan Januari yang lalu mantan pemain Leganes itu diboyong dalam keadaan darurat, krisis penyerang dengan harga 18 juta Euro dan setelah menandatangani kontrak nilainya menjadi 300 juta Euro.

Penyerangan timnas Denmark itu sama sekali jauh dari kata gemilang dan kita patut bertanya, apakah ada klub besar yang mau memakai jasa Braithwaite?

Beberapa pemain paling senior memiliki klausul rilis 500 juta Euro, sebut saja Pique, Bosquet, Jordi Alba, dan lainnya. Pada angka yang sama kecuali Trincao yang masih berusia 20 tahun.

Sementara itu, jika ada klub yang ingin meminang megabintang Barcelona, kesempatan untuk merekrut Messi masih terbuka walau peluangnya kecil. Klub lain harus berpayah-payah mengeluarkan 700 juta Euro. Angka yang cukup untuk membuat Inter Milan sadar diri.

Namun yang lebih mengejutkan, Griezmann  berada satu tingkat di atas Leo Messi, klausul rilis pemain timnas Perancis itu punya nilai yang sangat besar yakni 800 juta Euro. Melihat hal-hal di atas, besar keyakinan, tidak ada klub yang coba-coba menggoda Messi atau Griezmann. Tapi uang kadang-kadang berkata lain. Hanya waktu yang akan mengungkapkan semuanya.

Catatan lain, klausul pelepasan ini berlaku jika klub menolak menjual sang pemain. Jika klub pemburu tetap menginginkan pemain bersangkutan, cara termudah adalah memenuhi klausul pelepasan.

Namun, jika klub bersedia melepas pemain tentu nilai transfer bisa lebih rendah dari klausul pelepasan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network