Fakta Unik! 4 Final Piala Dunia Terakhir Selalu Ada Pemain Barcelona

"Siapa saja mereka? Ini daftarnya.."

Biografi | 16 December 2022, 17:17
Fakta Unik! 4 Final Piala Dunia Terakhir Selalu Ada Pemain Barcelona

Libero.id - Selain Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG), Barcelona menjadi salah satu klub dengan pemain yang akan berjuang di final Piala Dunia 2022. Bahkan, dalam empat final Piala Dunia terkini, klub raksasa Katalunya tersebut selalu memiliki minimal satu wakil.

Barcelona mengucapkan selamat kepada Ousmane Dembele dan Jules Kounde, yang akan menghadapi mantan maskot Barcelona, Lionel Messi, di Lusail Iconic Stadium, Doha, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Mereka sangat bangga dengan kualitas para pemain yang bakal tampil di final bergengsi sepakbola internasional. Keduanya akan membela Prancis, yang melaju ke pertandingan penentuan dengan mengalahkan Maroko. Apalagi, 15 pemain Barcelona di Qatar sudah tersingkir lebih dulu.

Final Piala Dunia bagi Barcelona adalah hal yang unik. Sejarah mencatat, mereka pernah menampilkan delapan pemain di final Piala Dunia 2010. Saat itu, gol tunggal Andres Iniesta mengantarkan Spanyol mengalahkan Belanda 1-0 di Johanesburg, Afrika Selatan.

Tapi, bukan hanya itu saja rekor membanggakan Barcelona. Mereka menjadi klub pertama di bumi yang selalu menyertakan minimal satu pemain di final Piala Dunia dalam empat edisi beruntun.

Jika anda ingat, empat tahun lalu di Rusia, Barcelona memiliki tiga pemain yang tampil di final. Mereka adalah Samuel Umtiti dan Ousmane Dembele untuk Prancis dan Ivan Rakitic untuk Kroasia. Pada akhirnya, Les Bleus keluar sebagai pemenang.

Sebelumnya, pada final Piala Dunia 2014, Lionel Messi dan Javier Mascherano mewakili Barcelona melawan Jerman. Hasilnya, dua punggawa Barcelona itu gagal mengangkat piala setelah Mario Goetze mencetak gol kemenangan Jerman di babak perpanjangan waktu.

Tiga edisi sebelumnya, pada Piala Dunia 2010, Barcelona menyumbang delapan pemain di final. Mereka adalah Gerard Pique, Carles Puyol, Andres Iniesta, David Villa, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Pedro Rodriguez, dan Victor Valdes. Kecuali Victor Valdes, semuanya masuk starting line-up La Furia Roja.

Kali terakhir Barcelona tidak mengirim wakil di final adalah Piala Dunia 2006 saat Italia mengalahkan Prancis. Sebelumnya, pada Piala Dunia 2002, Barcelona mengirimkan satu-satunya wakil, yaitu Rivaldo. Dan, Brasil juara setelah mengalahkan Jerman.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network