Wasit Semifinal Piala Dunia 2022: Antonio Mateu Lahoz Pergi, Daniele Orsato Datang

"Akhirnya ada perwakilan Italia di Piala Dunia 2022."

Biografi | 13 December 2022, 02:30
Wasit Semifinal Piala Dunia 2022: Antonio Mateu Lahoz Pergi, Daniele Orsato Datang

Libero.id - Kontroversi wasit yang memimpin pertandingan Argentina melawan Belanda diharapkan tidak terjadi ketika semifinal mempertemukan La Albiceleste dengan Kroasia. Setelah memulangkan Antonio Mateu Lahoz, FIFA memutuskan menunjuk Daniele Orsato.

Pertandingan kontroversial yang melibatkan Argentina dengan Belanda benar-benar menjadi perhatian serius FIFA. Keputusan Antonio Mateu Lahoz mengobral 17 kartu kuning dan satu kartu merah untuk pemain maupun ofisial menuai cibiran.

Seperti dilaporkan media Spanyol, COPE, keluhan Lionel Messi sesudah pertandingan langsung mendapatkan tanggapan. Komisi Wasit FIFA yang diketuai sang legenda, Pierluigi Collina, memulangkan Antonio Mateu Lahoz ke Spanyol. Kabarnya, dia tidak akan memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 lagi.

Setelah memulangkan Antonio Mateu Lahoz, Pierluigi Collina dan timnya langsung menunjuk rekan senegara sekaligus muridnya, Daniele Orsato. Dia ditunjuk mengendalikan pertandingan Argentina vs Kroasia di Lusail Iconic Stadium, Doha. Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Daniele Orsato sebelumnya dipercaya menjadi wasit laga pembuka Piala Dunia 2022 antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador. Wasit berusia 47 tahun itu juga sempat memimpin pertandingan Argentina di fase grup, saat melawan Meksiko. Tapi, dia libur di babak 16 besar dan perempatfinal.

Selain Argentina, Daniele Orsato juga sudah tiga kali memimpin pertandingan Kroasia. Hasilnya, dua kali menang dan sekali kalah.

Bagi penggemar Serie A dan Liga Champions, Daniele Orsato bukan sosok asing. Dia sudah menjadi wasit FIFA sejak 2010, dan dikenal dengan ketegasannya. Riwayatnya sangat panjang memimpin pertandingan-pertandingan Serie A, Liga Champions, Liga Europa, hingga Piala Eropa.

Pada 12 Februari 2019, Daniele Orsato menjadi wasit pertandingan pertama babak 16 besar Liga Champions antara Manchester United melawan Paris Saint-Germain (PSG). Dia mengeluarkan 10 kartu kuning (6 untuk Man United dan 4 untuk PSG). Dia juga mengusir Paul Pogba pada menit 89.

Puncak karier Daniele Orsato adalah saat memimpin final Liga Champions 2019/2020 di Lisbon tanpa penonton dalam kondisi pandemi Covid-19. Saat itu, Bayern Muenchen mengalahkan PSG.

Jadi, layak ditunggu bagaimana Daniele Orsato akan mengendalikan Lionel Messi dan Luka Modric di lapangan. Apalagi sorot kamera kini sepenuhnya sedang tertuju kepada para pengadil lapangan.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network