Momen Gol Ikonik Dennis Bergkamp ke Gawang Argentina di Piala Dunia 1998

"Mungkinkah terulang pada Piala Dunia 2002? Cek videonya.."

Biografi | 09 December 2022, 10:30
Momen Gol Ikonik Dennis Bergkamp ke Gawang Argentina di Piala Dunia 1998

Libero.id - Meski Belanda dan Argentina sempat bertemu pada semifinal Piala Dunia 2014, memori pendukung kedua kubu belum bisa lepas dari perempat final Piala Dunia 1998. Itu pertandingan ikonik, khususnya gol brilian Dennis Bergkamp, yang membawa De Oranje unggul 2-1.

Pada 4 Juli 1998 di Stade Velodrome, Marseille, Belanda ditakdirkan memperpanjang rivalitas dengan Argentina. Ini laga menarik dan ketat.

Belanda unggul lebih dulu saat pertarungan berjalan 12 menit lewat sepakan Patrick Kluivert. Tapi, Claudio Lopez membalas 5 menit berselang melalui sebuah nutmeg cerdik ke celah kaki Edwin van der Sar. Selanjutnya, pertandingan berlangsung sengit dan menegangkan.

Diwarnai kartu merah Arthur Numan dan Ariel Ortega, skor 1-1 bertahan hingga penghujung babak kedua. Ketika laga diyakini akan berlanjut ke babak perpanjangan waktu, aksi magis Dennis Bergkamp mengubah segalanya.

Momen ini terjadi pada menit 90. Saat itu, Frank de Boer mengirim umpan lambung dari pertahanan Belanda. Bola berhasil diterima Dennis Bergkamp di dekat kotak penalti Carlos Roa. Seperti memiliki magnet, kaki legenda Arsenal itu sangat lengket dengan bola yang melaju deras.

Hanya dengan dua sentuhan, Dennis Bergkamp berhasil mengecoh Roberto Ayala dan kemudian menaklukkan Carlos Roa dengan sepakan keras ke sudut kiri gawang La Albiceleste.

Kemenangan 2-1 di injury time mengantar skuad asuhan Guus Hiddink ke semifinal. Meski akhirnya dihentikan Brasil, banyak orang yang tidak bisa melupakan gol Dennis Berkamp. Bahkan, rekaman videonya masih terus diputar hingga jelang pertandingan Belanda dengan Argentina di perempat final Piala Dunia 2022.

Jadi, layak dinantikan, apakah momen ikonik 1998 akan tercipta kembali, atau justru skenario adu penalti seperti 2014 yang muncul?

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network