Mirip Robby Darwis, Robi Darwis juga Dimainkan Shin Tae-yong Sebagai Bek

"Aslinya gelandang, tapi dimainkan di belakang. Mirip sang legenda. Unik!"

Biografi | 14 September 2022, 21:54
Mirip Robby Darwis, Robi Darwis juga Dimainkan Shin Tae-yong Sebagai Bek

Libero.id - Ada pemandangan unik saat tim nasional Indonesia U-20 memainkan pertandingan pertama Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 kontra Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam. Shin Tae-yong menampilkan Robi Darwis di posisi Robby Darwis.

Sepakbola Indonesia pernah mengenal Robby Darwis. Bermain pada 1990-an, Robby Darwis adalah libero, bek tengah, defender, legendaris tim nasional Indonesia dan Persib Bandung.

Kini, puluhan tahun berselang, Persib Bandung kembali memunculkan Robi Darwis. Bedanya, Robi Darwis yang ini berposisi sebagai gelandang dan sedang merintis karier menjadi pemain legendaris Indonesia. Robi Darwis juga baru mendapatkan panggilan Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala AFC U-20.

Meski berposisi sebagai gelandang, Shin Tae-yong ternyata memainkan Robi Darwis sebagai bek tengah berduet bersama Dimas Juliono saat melawan Timor Leste. Tentu saja ini seperti deja vu Robby Darwis sang Legenda yang para eranya adalah defender paling berpengaruh di Indonesia.

Pertanyaannya, siapa Robi Darwis? Robi Darwis muncul ke BRI Liga 1 2022/2023 berkat pelatih Persib Bandung sebelumnya, Robert Alberts. Jebolan Diklat Maung Bandung tersebut menjalani debut senior saat melawan Bhayangkara FC di Piala Presiden 2022

Uniknya, Robi Darwis mendapatkan kesempatan debut di BRI liga 1 2022/2023, juga saat menghadapi Bhayangkara FC. Itu adalah laga perdana Maung Bandung musim ini di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 24 Juli 2022. Hasilnya, imbang 2-2, dan Robi Darwis sempat melakukan kesalahan.

Meski tampil grogi di pertandingan liga pertamanya, Shin Tae-yong tampaknya melihat Robi Darwis punya kemampuan untuk bermain di timnas U-20. Jadi, surat panggilan dilayangkan untuk Kualifikasi Piala AFC U-20. Menariknya, dia dimainkan sebagai bek, sama seperti Robby Darwis. Dan, Robi Darwis tampil solid di belakang untuk membantu Indonesia menang 4-0. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network