10 Negara Eksportir Pemain Sepak Bola Terbanyak

"Semua tahu nomor satu Brasil, tetapi ternyata Ghana, Kamerun atau Cile tak masuk dalam daftar."

Feature | 03 July 2020, 04:46
10 Negara Eksportir Pemain Sepak Bola Terbanyak

Libero.id - Pada umumnya, banyak pemain sepak bola yang ingin meninggalkan negaranya untuk alasan berkarier di luar negri, guna menambah pengalaman dan membanggakan negara asalnya. Dilansir dari latinamericanpost.com, setidaknya ada 5 negara sebagai pengeskpor pemain sepak bola terbanyak, berikut rangkumannya:

1. Brasil

Brasil menempati urutan teratas dalam daftar pemain yang diekspor, menurut CIES Football Observatory. Adapun peringkat negara dibuat berdasarkan jumlah pemain yang telah bermain secara profesional di luar negeri selama 2019.

Menurut Atlas, Brasil memimpin daftar dengan 1.600 pesepakbola, di mana 74,6% aktif di liga berkategori papan atas. Negara yang menjadi tujuan utama pemain sepak bola Negeri Samba adalah Portugal, Italia, dan Jepang, dengan masing-masing 260, 69, dan 65 orang Brasil.

2. Prancis

Di tempat kedua adalah Prancis dengan 1.027 pemain yang diekspor, 74% di antaranya berpartisipasi dalam liga top dunia. Tujuan utama dari pemain Prancis adalah Inggris (91), Belgia (75) dan Luksemburg (71).

3. Argentina

Tak mengejutkan bila La Albiceleste menduduki posisi ketiga sebagai yang paling banyak mengekspor pemain sepak bola, mengingat kaliber sepak bola di negara tersebut sudah dikenal luas. Sebut saja Messi, Maradona, Aguero hingga Higuain. 927 pemain sepak bola mereka memainkan kariernya di luar negeri dan tujuan yang paling sering dikunjungi adalah Cile (92), Meksiko (62), dan Spanyol (59). 75,5% dari pemain ini bermain di Liga divisi satu.

4. Inggris

Negara lain dengan tradisi sepakbola yang kuat, Inggris, mengekspor 565 pemain pada 2019, di mana 77,9% bermain di Liga utama. Pemain Inggris sepertinya ingin dekat dengan tanah air mereka karena dua tujuan utama bagi pemain yang meninggalkan negara itu adalah Skotlandia (103) dan Wales (77).

Menariknya, Amerika Serikat sebagai negara yang tidak kuat tradisinya dalam olahraga sepak bola cukup ramai disambangi oleh pemain Inggris (41), dan menjadi tujuan paling populer ketiga bagi mereka.

5. Spanyol

Di posisi terakhir ada negara satu kali juara dunia, Spanyol dengan mengekspor 559 pemain mereka, 78,5% di antaranya bermain di Liga utama. Dari semua negara di atas, ini adalah negara dengan distribusi pemainnya yang paling aneh, yang tujuan utamanya adalah Inggris (50), India (38) dan Yunani (32).

Daftar sepuluh besar lainnya dipegang oleh (6) Serbia dengan 521, (7) Jerman dengan 480, (8) Kolombia dengan 467, (9) Kroasia dengan 446 dan (10) Nigeria dengan 399.

Sebagai fakta yang aneh, ada beberapa negara yang hanya mengekspor 1 pesepakbola profesionalnya bahkan pemain tersebut tidak bermain di liga utama. Negara pengekspor tersebut adalah  Afghanistan, Sri Lanka, Somalia, Sao Tome dan Principe, Curacao, Guyana, Kaledonia Baru, dan Gibraltar.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network