West Ham United atau Bukan? Misteri Klub Kesayangan Ratu Elizabeth II

"Jika Presiden Jokowi pendukung Persis dan Vladimir Putin Zenit, bagaimana Ratu Inggris?"

Biografi | 24 February 2022, 04:54
West Ham United atau Bukan? Misteri Klub Kesayangan Ratu Elizabeth II

Libero.id - Klub sepakbola yang menjadi favorit para pemimpin negara selalu menjadi bahasan menarik diantara suporter. Beberapa orang secara terbuka mengaku menggemari satu atau dua klub. Tapi, yang lainnya masih misterius. Salah satunya Ratu Elizabeth II dari Inggris. 

Menggemari sepakbola dan menjadi pendukung tim tertentu adalah normal bagi semua orang, termasuk kepala negara. Di Indonesia Presiden Jokowi dikenal sebagai pendukung Persis Solo karena latar belakangnya sebagai orang Solo dan mantan Walikota Surakarta.

Di belahan bumi lain, Presiden Rusia Vladimir Putin adalah penggemar Zenit Saint Petersburg. Ada lagi mantan Kanselir Jerman Angela Merkel dikenal sebagai pendukung Energie Cottbus. 

Dan, pertanyaan yang banyak dilontarkan orang adalah apa klub favorit Ratu Inggris? Sebagai negara tempat kompetisi sepakbola terbaik di bumi, wajar jika penggemar penasaran. Pasalnya, selama ini muncul semacam strereotip bahwa Ratu Elizabeth II adalah pendukung West Ham United. Benarkah?

Belum lama ini salah satu petinggi Partai Buruh (Labour), Jeremy Corbyn, mengaku bahwa Sang Ratu bukan pendukung The Hammers. Klub yang sebenarnya didukung adalah Arsenal.

Pria yang telah menjadi anggota parlemen untuk Islington North sejak 1983 itu percaya bahwa ada beberapa jejak yang menunjukkan Sang Ratu adalah pendukung The Gunners. Salah satunya saat perjalanan penobatan Ratu Elizabeth II di London pada 1953 yang melewati Upper Street. Itu adalah jalanan tempat banyak pendukung Arsenal tinggal.

Untuk menandai ulang tahun Ratu Elizabeth II yang ke-90 pada 2016, mantan pemimpin Partai Buruh itu menyarankan agar konstituennya di Islington North percaya bahwa Sang Ratu adalah pendukung Arsenal.

"Sekarang kita tahu Sang Ratu benar-benar di atas politik (netral). Dia juga di atas sepakbola. Tapi, banyak penduduk setempat yang menyimpan pandangan rahasia yang tenang bahwa Sang Ratu sebenarnya adalah seorang Gooner," kata Corbyn di House of Commons dalam sebuah kesempatan.

Menariknya, klaim Corbyn sempat didukung Cesc Fabregas. Meski Sang Ratu selalu bungkam di depan umum saat ditanya tentang tim sepakbola favoritnya, mantan pemain Arsenal dan Chelsea itu percaya bahwa pilihannya adalah klub dari London Utara.

Fabregas mengklaim Ratu Elizabeth II memberitahu dirinya tentang Arsenal sebagai klub favorit dalam sebuah acara di Istana Buckingham pada 2007. 

"Sepertinya Sang Ratu mengikuti sepakbola dan dia memberi tahu kami bahwa dia adalah penggemar Arsenal. Dia tampaknya sangat tahu siapa saya dan kami bertukar beberapa kata khusus," kata pemain asal Spanyol yang sekarang sudah meninggalkan Liga Premier untuk membela AS Monaco, ketika itu.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network