Kocak! Gunakan Pakaian Biru, Iklan Nobar Ketum Parpol ini Dikira Dukung Thailand

"Seragam partai ini memang biru. Masalahnya, jersey lawan tim Garuda juga biru."

Viral | 29 December 2021, 17:07
Kocak! Gunakan Pakaian Biru, Iklan Nobar Ketum Parpol ini Dikira Dukung Thailand

Libero.id - Seperti yang selalu terjadi di sepakbola Indonesia, penampilan tim nasional di sebuah turnamen selalu diikuti dengan tokoh-tokoh politik yang numpang eksis. Contohnya, iklan nonton bareng dari sebuah parti berikut ini yang viral di media sosial karena dianggap dukung Thailand. 

Bersama bulutangkis, pertandingan sepakbola selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Ribuan orang rela bersedak-desakan di stadion. Sementara jutaan lainnya memilih menyaksikan dari layar kaca.

Dalam kondisi normal tanpa pandemi Covid-19, kemeriahan nonton bareng pertandingan timnas akan terjadi di seluruh penjuru negeri. Baik dengan cara sederhana di rumah-rumah dan warung kopi pinggir jalan, maupun di tempat-tempat mewah seperti cafe dan hotel. 

Banyaknya orang yang menyaksikan pertandingan timnas ternyata mampu memancing para politisi untuk memanfaatkan situasi. 

Jika anda ingat, dulu ketika final Piala AFF 2010 berlangsung, poster-porter caleg dari partai tertentu mendominasi tribun stadion. Di era Nurdin Halid itu para pemain menyempatkan diri mengunjungi kediaman Aburizal Bakrie selaku Ketua umum Partai Golkar. 

Setelah NH tidak lagi berkuasa di PSSI, politisasi sepakbola perlahan menghilang. Yang ada hanyalah aksi-aksi sporadis para politisi memenfaatkan situasi. Misalnya, membuat ucapan selamat di medis sosial dengn gampar diri dan partinya. Ada lagi menggelar nobar dengan iklan yang disisipi pesan-pesan politik seperti logo partai atau gambar sang ketua umum.

Nah, saat Indonesia menjalani final Piala AFF 2020 melawan Thailand, lini masa media sosial sempat dihebohkan sebuah iklan nobar dari salah satu partai politik. 

Iklan ini kocak karena partai tersebut memiliki warna dan logo yang mirip bendera Thailand, yaitu biru dengan garis merah-putih. Gambar itu ada di akun Twitter @RAMujiyono. Dalam data dirinya tertulis Ketua Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta dan kader militan Partai Demokrat Jakarta.

"Gaes, utamanya anak selatan. Nobar yuk brg millenials, door prize keren u kalian. Untuk TL ada jg ciss 2.000K buat 10org. Caranya? RTL dan tebak skor full time, yg tepat tebakannya diundi oleh juri @FatiahFal @Mdy_Asmara1701. Cuss... @AgusYudhoyono #NobarAFFWarRoom," tulis akun tersebut.

tentu saja tanggapan warga dunia maya beragam. Ada yang menganggap wajar mengingat Partai Demokrat memang identik dengan biru dan bintang segitiga merah-putih. Tapi, beberapa lainnya merasa janggal lantaran sangat mirip dengan jersey dan bendera Thailand. 
 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network