Selain VAR, Inilah 5 Teknologi Terbaru yang Digunakan di Euro 2020

"Alat modern yang sangat membantu pemain atau pelatih. Apa saja itu? Berikut ini daftarnya."

Feature | 08 July 2021, 00:19
Selain VAR, Inilah 5 Teknologi Terbaru yang Digunakan di Euro 2020

Libero.id - Salah satu cara terbaik untuk maju di Euro 2020 adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pada turnamen tahun ini, para pelatih dan pemain telah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan performa maupun hasil pertandingan di lapangan.

Teknologi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Meski memiliki sisi positif maupun negatif, teknologi dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas, termasuk di sepakbola.

Selama ini, orang hanya mengenal VAR sebagai satu-satunya teknologi yang digunakan wasit di sepakbola. Memanfaatkan kamera televisi, VAR bekerja setelah sang pengadil lapangan mendapatkan masukan dari operator di ruang yang berisi banyak televisi. Lalu, wasit akan melihat layar di pinggir lapangan sebelum mengambil keputusan final.

Uniknya, di Euro 2020, VAR bukan satu-satunya alat modern yang digunakan pemain maupun pelatih. Setidaknya ada 5 teknologi yang digunakan untuk menunjang penampilan di lapangan. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya:


1. Jam tangan Gareth Southgate

Saat berdiri di pinggir lapangan, Gareth Southgate terlihat mengenakan jam tangan Big Bang keluaran Hublot seharga 4.800 pounds (Rp96 juta). Itu bukan jam tangan biasa. Itu adalah salah satu dari 1.000 unit yang dibuat Hublot untuk orang-orang tertentu.

Dengan kecanggihan yang ada didalamnya, memungkinkan Southgate untuk melihat info pertandingan apapun di Euro 2020, yang ditampilkan di layar besar termasuk kartu yang diberikan, pergantian pemain, dan gol.

Ada juga fitur untuk melihat susunan pemain dan peringkat pemain yang berpotensi bisa membantu Southgate mendapatkan opsi pergantiannya dan memberinya "lowdown" pada lawan. Dan, fitur yang paling menarik adalah peringatan penalti.

Jam canggih itu juga akan memberikan informasi tentang apapun yang terjadi dalam sebuah pertandingan.

Libero.id

Jam tangan Hublot Big Bang.

2. Sarung tangan Donarumma

Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, telah terbukti memiliki sepasang tangan yang aman untuk Gli Azzuri. Dia jelas terbantu oleh sarung tangan luar biasa yang dikenakan. Itu adalah sarung tangan Adidas Predator Pro seharga 100 pounds (Rp2 juta) sepasang.

Yang mengherankan, sarung tangan ini dilengkapi dengan 288 duri karet yang dirancang untuk membantu pemakainya meninju bola dengan lebih baik. Sarung tangan itu juga dikenakan oleh bintang Manchester United, David de Gea, dan kiper muda Inggris, Aaron Ramsdale.


3. Kacamata kiper Swiss

Dalam persiapan untuk pertandingan babak 16 besar melawan Prancis, para pemain Swiss, khususnya Yann Sommer dan dua kiper lainya, terlihat keren dengan mengenakan kacamata hitam.

Itu bukan kacamata biasa. Itu alat bertenaga baterai yang dapat menciptakan efek berkedip dan mampu membantu kiper untuk meningkatkan antisipasi terhadap datangnya bola. Kacamata itu dibuat oleh perusahaan Jepang, VisionUp, yang harganya lebih dari 350 ponds (Rp7 juta).


4. StatSport Bra

Pemandangan saat Artem Dovbyk melepas jersey Ukraina setelah mencetak gol kemenangan di menit akhir melawan Swedia tidak hanya memamerkan bentuk badan yang mengesankan. Orang juga melihat sesuatu yang tampak seperti bra olahraga.

Itu adalah rompi khusus, STATSports, yang dibuat oleh sebuah perusahaan teknologi olahraga. Tujuannya, memantau dan menganalisis pergerakan pemain melalui teknologi GPS. Beberapa klub dan negara juga telah menggunakan teknologi ini untuk memantau performa pemain saat latihan.

Saat digunakan oleh peamain, rompi bisa mengukur jarak yang ditempuh, kecepatan, akselerasi, deselerasi, dan detak jantung. Dengan penemuan ini, pelatih mendapatkan informasi berharga tentang statistik setiap pemainya.

Data yang dikumpulkan kemudian dapat dialirkan ke ponsel, tablet, atau jam tangan pintar untuk dianalisis lebih lanjut dan dipelajari oleh ofisial tim.

Libero.id

StatSport Bra

5. Kaus kaki TRUsox

Banyak bintang Euro 2020 yang mengenakan TRUsox yang dipadukan dengan kit resmi mereka. Kaus kaki khusus ini menawarkan desain yang dipatenkan untuk membantu atlet dalam meminimalkan gerakan di alas kaki saat mereka bergerak atau menendang bola.

Karet yang ada di bagian bawah kaus kaki membantu pemakainya menghindari kemungkinan tergelincir. Sejumlah bintang Italia terlihat memakainya, termasuk Ciro Immobile.

Libero.id

Kaus kaki TRUsox

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network