Nyata! 11 Anggota Skuad Tim Ini Satu Keluarga Dilatih Sang Ayah

"Kisah satu tim anggota keluarga ini sebenarnya berupa fiksi belaka. Namun, ada orang yang mewujudkannya menjadi kenyataan."

Feature | 16 December 2020, 12:50
Nyata! 11 Anggota Skuad Tim Ini Satu Keluarga Dilatih Sang Ayah

Libero.id - Berbagai cerita tentang sepak bola telah banyak diperdengarkan, mulai dari hal-hal lucu, sedih, aneh dan sejenisnya. Dan di antaranya adalah salah satu impian atau mungkin imajinasi para penggemar sepak bola adalah punya anak atau kerabat yang menjadi atlit sepak bola profesional.

Tentu menyenangkan sekali, duduk di tribun utama dan menyoraki semangat pada anak tercinta.

Kerap itu terdengar sebagai lelucon belaka, dalam bentuk yang lebih ekstrim, lelucon berkembang dari satu pemain bola menjadi ingin membentuk kesebelasan yang terdiri dari trah keluarga.

Lelucon itu sebetulnya berangkat dari sebuah cerita yang dituturkan oleh seorang penulis Eduard Bass berasal dari Cekoslovakia (kini Republik Ceko), pada 1922 ia menulis sebuah buku berjudul 'Klapzubova Jedenactka’.
 
Berlatar belakang pasca Perang Dunia II, Klapzubova Jedenactka bercerita tentang seorang laki-laki bernama Klapzubova yang memiliki 11 anak. Dalam ceritanya, Klapzubova bermimpi bahwa kesebelas putranya membentuk tim keluarga dan kemudian menikmati kesuksesan besar di dalam dan luar negeri.

Dia sangat senang saat mimpinya menjadi kenyataan. Sebuah simbol terhadap kecintaan Cekoslovakia terhadap sepak bola, sebuah tim impian yang terdiri dari sebuah keluarga. Buku itu juga memuat pesan moral tentang sportivitas dan daya juang para pemain di atas lapangan hijau.

Karya itu pada masanya termasuk  sastra terpopuler dari Republik Ceko. Dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, dalam versi Inggris 'The Chattertooth Eleven'

Bahkan karya itu sudah dicetak ulang dan telah dialih wahanakan dalam bentuk visual yakni film. Film itu berdurasi sekitar satu setengah jam dan disutradari oleh Ladislav Brom dan masuk layar perak pada tahun 1938.

Kisah yang Menginsipirasi

Karya sastra itu kemudian mengilhami ambisi seorang Josef Olbert, penjual sayur lokal yang berkat kerja kerasnya, rencana besarnya itu pada akhirnya terwujud pada usianya yang ke 63 tahun.

Hal itu tercapai saat si anak bungsu, Andrej, mencapai usianya ke 16 tahun dan menyusul line-up bersama 10 kakak nya. Tim itu diberi nama Olbert Olomouc, diambil dari nama kota di timur Republik Ceko.

Tapi sayangnya tidak ada dokumentasi yang jelas dan lebih dalam mengenai sepak terjang kesebelasan Olbert. Misalnya tidak diketahui berapa kali mereka bertanding dan bagaimana reputasinya. Tapi yang jelas Olbert hanya berstatus klub amatir.

Dan istri Josef yang 'malang' itu layak mendapat pujian karena dalam 19 tahun dapat memperkenalkan Olbert Olomouc pada dunia. Di bawah ini susunan formasi kesebelasan keluarga Olbert Olomouc:

Penjaga Gawang: Josef (63)
Pemain Belakang : Vladislav (35), Josef (31), Otakar (34), Tomas (30),
Pemain Tengah : Janos (25), Petos (24), Otik (29), Lubos (23),
Pemain Depan :  Stanislav (32) , Andrej (16) dan Bohous (26).

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network