Profil Buro Happold, Konsultan Arsitek Top yang Ditarik dalam Polemik JIS

"Padahal profilnya sangat-sangat oke lo, tapi kini citranya jadi buruk :("

Berita | 10 July 2023, 10:34
Profil Buro Happold, Konsultan Arsitek Top yang Ditarik dalam Polemik JIS

Libero.id - Rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS) menimbulkan beragam reaksi dari banyak khalayak, tak terkecuali masyarakat umum. Pasalnya, rencana ini keluar setelah stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut dianggap tidak memenuhi standar FIFA, terutama rumputnya.

Pembangunan Jakarta International Stadium melibatkan banyak pihak, mulai arsitek dan desainer lokal, hingga perusahaan konsultan asing. Adapun salah satu pihak yang ikut turun tangan dalam proses pembangunan stadion yang terletak di Jakarta Utara tersebut adalah Buro Happold.

Perusahaan tersebut adalah konsultan desain dan kontruksi internasional asal Inggris yang bertanggung jawab atas perancangan desain JIS.

Buro Happold merupakan perusahaan yang membangun stadion klub Liga Inggris Tottenham Hotspur menjadi arena kelas dunia berstandar FIFA.

Mereka menyediakan layanan multidisiplin dari konsep hingga penyelesaian. Kapasitas stadion baru itu meningkat dari 36.240 menjadi 62.062 penonton dan memberikan fasilitas canggih yang dirancang untuk mendukung pertandingan sepak bola, pertandingan NFL dan konser musik, serta acara seperti konferensi dan jamuan makan.

Melansir dari situs resmi perusahaan, Buro Happold adalah konsultan insinyur, desainer, dan penasihat internasional yang terintegrasi.

Sudah berdiri lebih dari 45 tahun, perusahaan asal Inggris ini telah memberikan berbagai solusi kreatif tentang perencanaan pembangunan yang berorientasi pada nilai untuk kepentingan manusia, tempat, dan planet.

Buro Happold identik dengan pengiriman proyek yang sangat kompleks di setiap benua.

Mereka juga bekerja dengan praktik dan organisasi arsitektur terkemuka di dunia, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, dan C40 Cities.

Buro Happold bekerja bertujuan pada pemulihan iklim yang adil dan hijau. Hal ini menyesuaikan dengan bisnis mereka untuk memitigasi perubahan iklim dan krisis keanekaragaman hayati.

Tak hanya itu, pada situs resmi perusahaan, mereka pun memperlihatkan Laporan Keberlanjutan Global yang menguraikan kemajuan dalam perjalanan berkelanjutan berdasarkan proyek dan operasinya.

Sebelum menjadi konsultan desain dan konstruksi JIS, Buro Happold telah memiliki banyak pengalaman untuk mendesain stadion sepak bola bertaraf Internasional di berbagai negara di dunia. adapun beberapa stadion internasional yang pernah didesain Buro Happold adalah sebagai berikut:

- Astana Arena di Kazakhstan yang berkapasitas 30.000 tempat duduk.

- Bramley -Moore Dock Stadium di Liverpool, Inggris yang berkapasitas 52.888 tempat duduk.

- Aviva Stadium di Dublin, Irlandia dengan kapasitas 50.000 kursi penonton.

- London Olympic Stadium di London, Inggris, berkapasitas 80.000 tempat duduk.

- Michelle and Barack Obama Sport Center di Amerika

- Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris berkapasitas 62.850 bangku.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network