Aturan Hak Siar Liga 1 Resmi Dirubah PSSI, Bakal Jadi Lebih Adil?

"Idenya sangat bagus dan layak didukung."

Berita | 30 June 2023, 10:13
Aturan Hak Siar Liga 1 Resmi Dirubah PSSI, Bakal Jadi Lebih Adil?

Libero.id - Terobosan kepengurusan PSSI era Erick Thohir terkait regulasi hak siar akan memanaskan persaingan Liga 1 2023-2024.

Pasalnya, pembagian keuntungan hak siar akan dibagi sesuai rating televisi dan perolehan di klasemen pada akhir musim.

Di musim-musim sebelumnya, pembagian hak siar di Liga 1 dibagi rata ke semua klub. Hal itu membuat pencapain sebuah tim di papan klasemen tidak mempengaruhi pendapatan klub dari hak siar.

Namun musim ini diberlakukan regulasi yang berbeda dengan musim lalu. Hal itu dibocorkan oleh Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono.

Menurut Teddy, pendapatan hak siar Liga 1 musim depan akan dibagi sesuai rating siaran pertandingan di televisi. Selain itu, nominal juga disesuaikan dengan pencapaian masing-masing peserta di papan klasemen akhir.

“Musim kompetisi ini meningkat cukup signifikan, kalau tahun-tahun sebelumnya dibagi rata, tapi dengan kepengurusan PSSI dan PT LIB sekarang, ada variable, berdasarkan ranking, itu klasemen klub di akhir musim dan rating TV,” kata Teddy dikutip Podcast Youtube Sport 77 Official, Jumat (30/6/2023).

Hal itu diyakini akan menambah bumbu persaingan di Liga 1 musim depan. Seluruh tim akan berlomba-lomba mencapai posisi terbaik di klasemen guna menjaring pemirsa televisi serta mendapat porsi pendapatan hak siar lebih banyak.

“Jadi ada merit sistem yang dilakukan jadi setiap klub, 18 klub berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, supaya mendapatkan porsi kontribusi tadi, berdasarkan merit system,” ucap Teddy.

“Jadi semua berkompetisi untuk menjadi yang terbaik sehingga mendapat porsi (pemasukan hak siar) yang lebih banyak,” tutupnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network