10 Hal Baru di Liga Inggris Musim Ini, Ada Garis VAR yang Berbeda

"Sederetan laga pembuka itu sekaligus mempertegas mengenai 10 aturan baru yang berlaku di musim ini."

Berita | 13 September 2020, 07:16
10 Hal Baru di Liga Inggris Musim Ini, Ada Garis VAR yang Berbeda

Libero.id - Liga Inggris musim 2020/2021 dibuka dengan kemenangan Arsenal atas tuan rumah Fulham dengan skor 3-0. Kemudian diikuti kemenangan Crystal Palace atas Southampton 1-0 di Stadion Selhurst Park, London, Sabtu.

Gol kemenangan Crystal Palace dicetak Zaha pada menit ke-13 lewat tembakan voli jarak dekat memanfaatkan umpan silang terukur kiriman Andros Townsend.

Pada dinihari tadi Liverpool mengalahkan tim promosi Leeds United pada laga ketat yang berakhir 4-3 untuk kemenangan Liverpool.

Sederetan laga pembuka itu sekaligus mempertegas mengenai 10 aturan baru yang berlaku di musim ini. Apa saja perubahan-perubahan yang terjadi di musim ini? Berikut 10 perubahan di Liga Inggris musim 2020/2021:

1. Anthem

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Tidak akan ada lagi jabat tangan sebelum pertandingan, yang ada adalah para pemain akan berjalan ke arah anthem yang berbeda.

Hal ini terjadi lantaran penyesuaian Liga Inggris terhadap protokol kesehatan Covid-19 yang berusaha meminimalisir kontak fisik dalam hal ini berjabat tangan.

2. Bola

Libero.id

Kredit: twitter.com/premierleague

Liga Inggris musim ini masih akan menggunakan bola buatan Nike, yakni seri Nike Flight yang diklaim 30 persen lebih akurat dari seri sebelumnya.

Kabarnya Nike Flight telah dirancang selama 8 tahun sebelumnya dan bola ini mendapat kesan yang sangat memuaskan bagi Harry Kane. "Sangat penting untuk memiliki rasa percaya diri dengan bola yang kamu mainkan," katanya.

Liga Premier sendiri telah menggunakan Nike sebagai bola resminya sejak musim 2000/2001, sedangkan musim lalu Liga Inggris menggunakan bola Nike dengan seri Nike Merlin.

3. Penggunaan monitor

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Wasit Liga Premier sekarang harus menggunakan monitor untuk mengonfirmasi perubahan atau mempertegas keputusan di lapangan.

Sebelumnya wasit Liga Inggris hanya mendapatkan konfirmasi dari wasit yang sedang berada di depan layar, namun musim depan wasit utama telah disediakan monitor agar dapat memantau kejadian secara langsung.

4. Aturan baru

Ada berbagai aturan baru mengenai handsball yang selama ini dikenal sangat membingungkan.

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Bahu bukan lagi bagian dari lengan, asisten wasit harus menurunkan benderanya sampai penyerang melepaskan tembakan dan pelanggar harus dihukum secara tegas.

5. Garis VAR yang berbeda

Garis pertahanan berwarna biru dan hijau atau merah untuk garis penyerang.

Hijau onside, merah offside dan Liga Premier percaya hal tersebut akan banyak membantu pengamatan wasit agar memiliki keputusan yang lebih akurat ketimbang musim lalu.

6. Wasit

Libero.id

Darren England dan Robert Jones. Kredit: premierleague.com

Musim ini Liga Inggris kedatangan wasit baru, mereka adalah Darren England dan Robert Jones telah dipromosikan dari EFL. Bergabung dengan mereka adalah asisten James Mainwaring dan Tim Wood.

7. Kit resmi wasit

Para wasit juga mendapat kit baru, mereka akan mengenakan kit Nike baru dalam warna hitam, volt, biru kehijauan, dan ungu cerah, terlihat lebih bagus dari musim-musim sebelumnya.

8. Papan tambahan waktu dan pergantian pemain

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Hublot sekarang menjadi pencatat waktu resmi Liga Premier sekaligus menjadi representasi Big Bang Unico Sports.

9. Penonton

Masih belum ada penonton di dalam stadion, hal ini merupakan dampak dari pandemi Covid-19 yang masih belum benar-benar hilang.

Situasi ini sebenarnya membuat klub menjadi sangat berkurang pemasukan dari penjualan tiket, apalagi bagi Arsenal yang banyak mendapat pemasukan dari para fans yang datang ke stadion berkat tarif tiket termahalnya di antara klub-klub Liga Inggris lainnya.

Ke depan mungkin saja akan ada penonton yang hadir di dalam stadion, namun hal tersebut baru dapat terwujud apabila telah disetujui oleh pemerintah Inggris.

10. Lebih banyak pertandingan di televisi

Dampak positif tidak adanya penonton di stadion, maka semua 28 pertandingan di bulan September akan ditayangkan di TV secara langsung.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network