Tidak Ikut SEA Games 2023, Media Vietnam Minta Garuda Pertiwi Dihukum

"Indonesia dituduh takut lawan dua tim peserta Piala Dunia Wanita 2023."

Viral | 06 April 2023, 19:38
Tidak Ikut SEA Games 2023, Media Vietnam Minta Garuda Pertiwi Dihukum

Libero.id - Untuk edisi kedua secara beruntun, timnas wanita Indonesia tidak ikut SEA Games. Bahkan, untuk SEA Games 2023, Garuda Pertiwi mundur setelah drawing pembagian grup dilakukan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (5/4/2023) sore WIB. Itu membuat Vietnam mendesak Indonesia dihukum.

Sepakbola wanita SEA Games 2023 menuai kontroversi saat PSSI memutuskan Garuda Pertiwi mundur dari turnamen. Ini menjadi yang kedua setelah SEA Games 2021 juga mundur.

Menjawab kontroversi Garuda Pertiwi, Asosiasi Sepakbola Kamboja (FFC) memastikan telah memberi penjelasan bahwa Indonesia tidak ikut serta di SEA Games 2023. Tapi, panitia penyelenggara tidak mengumumkan alasannya. Hal itu terjadi beberapa saat setelah babak drawing dilakukan.

"Mundurnya Indonesia membuat Grup A hanya tersisa 4 tim, yaitu Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Malaysia," bunyi pernyataan resmi FFC.

Grup tersebut memang dianggap sebagai grup neraka. Pasalnya, secara ranking timnas wanita Vietnam, Filipina, dan Myanmar adalah yang terkuat di Asia Tenggara. Bahkan, Vietnam dan Filipina adalah peserta Piala Dunia Wanita 2023 di Australia-Selandia Baru, 20 juli-20 Agustus 2023.

Mundurnya Garuda Pertiwi, yang berada di peringkat FIFA 97, turut jadi sorotan media-media Vietnam. Beberapa di antaranya mengecam keras PSSI.

"Ini kali kedua secara beruntun tim putri Indonesia memutuskan mundur dari SEA Games. Dalam kongres yang berlangsung di Vietnam, asosiasi sepakbola negara itu (PSSI) juga mengumumkan bahwa tim sepakbola putri dan futsal putri tidak akan berpartisipasi dalam turnamen tersebut sebelum tanggal kompetisi," tulis Zingnews.

Media lainnya bahkan mendesak sepakbola wanita Indonesia dihukum karena dianggap mencederai fair play. Menurut mereka, Garuda Pertiwi mundur setelah tahu mendapatkan lawan yang sangat berat.

"Seharusnya mereka dihukum karena ini tindakan yang kurang sportif dan tidak bertanggung jawab," tulis Bongda 24.

Terakhir kali Garuda Pertiwi mengikuti SEA Games 2019. Saat itu, Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam dan Thailand. Tim asuhan Rudy Eka Priyambada kalah di kedua pertandingan, mencetak satu gol, kebobolan 11 gol, dan tersingkir di babak penyisihan grup.

Untuk saat ini, Garuda Pertiwi sedang  mengikuti babak kualifikasi pertama sepakbola wanita Olimpiade 2024. Mereka berada di Grup F bersama Taiwan dan Lebanon. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network