Gagal di Piala AFF 2020, SEA Games 2021, Piala AFF 2022, STY Lanjut atau Tidak?

"Pro dan kontra masa depan Shin Tae-yong kembali muncul.."

Viral | 10 January 2023, 05:04
Gagal di Piala AFF 2020, SEA Games 2021, Piala AFF 2022, STY Lanjut atau Tidak?

Libero.id - Kegagalan tim nasional Indonesiamencapai final Piala AFF 2022 memunculkan kembali perdebatan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih. Ada yang masih percaya dengan pelatih asal Korea Selatan. Tapi, beberapa lainnya mulai meragukan. Bahkan, desakan pemecatan STY kembali nyaring terdengar.

Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 0-2 pada pertandingan semifinal kedua di My Dinh National Stadium, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB.

Sepasang gol Nguyen Tien Linh cukup membuat pasukan Garuda kembali ke Jakarta dengan wajah sedih. Kegagalan terjadi setelah Indonesia gagal memanfaatkan status tuan rumah pada leg pertama. Saat itu, Indonesia punya beberapa peluang emas yang gagal menjadi gol.

Tersingkirnya Indonesia tak lepas dari kegagalan para penyerang menyumbang banyak gol. Saat melawan Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina, para pemain juga melakukan banyak kesalahan serta bermain individualis.

Dengan kekalahan dari Vietnam, berarti Shin Tae-yong belum mampu memberikan piala kepada PSSI. Sebab, sebelumnya, Shin Tae-yong juga gagal menjuarai Piala AFF 2020 ketika Indonesia dikalahkan Thailand di final. Lalu, Garuda Muda gagal di semifinal SEA Games 2021.

Salah satu pencapaian Shin Tae-yong yang cukup bagus adalah meloloskan Indonesia ke Piala Asia 2023. Begitu pula denganIndonesia U-20 yang lolos ke Piala AFC U-20 2023.

Jika melihat catatan statistik, Shin Tae-yong menjalani 31 pertandingan dengan timnas senior. Hasilnya, 16 menang, 7 imbang, 8 kalah, atau 51,61%. Dengan timnas U-23, dia tampil 10 kali, menang 5, imbang 1, kalah 4, atau 50%. Sedangkan dengan timnas U-20, STY tampil 23 kali, menang 9, imbang 6, kalah 8, atau 39,13%.

Dengan situasi seperti itu, desakan untuk mengevaluasi Shin Tae-yong kembali disuarakan. Setidaknya di media sosial menggunakan tagar STY out

"Siap naikan hastag styout jika Timnas gagal lolos final," tulis @arichels Ada lagi @Aank_Andri, yang menulis: "Sebenarnya udah sesuai prediksi sih klo #timnas pasti kalah, cuma ttp aja suka berharap.. gitu aja terus siklusnya". Lalu, @dendavee menulis: "Generasi juniornya Vietnam saat ketemu Evan Dimas Junior abis, eh malah sekarang kita yang abis dilucutin STY cukup".

Tapi, ada juga yang masih memiliki kepercayaan kepada Shin Tae-yong. "Tiba-tiba tagar sty out naik, inget woy bentar lagi Pildun U-20 AFC U-19 sama AFC senior masa mau ganti pelatih jir," tulis @dzulumat. Ada lagi @1SN25 yang menulis: "Apa itu out, aku maunya stay".

Menurut anda, apakah Shin Tae-yong masih bisa dipertahankan atau tidak? 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network