Mengapa Gelandang Seperti Gavi Gunakan Jersey No.9? Ini Jawabannya

"Biasanya dipakai oleh striker"

Berita | 05 December 2022, 20:36
Mengapa Gelandang Seperti Gavi Gunakan Jersey No.9? Ini Jawabannya

Libero.id - Ada banyak sekali kejutan di Piala Dunia 2022, namun salah satu kejutan: Pablo Martin Paez Gavira alias  Gavi mengenakan nomor punggung 9 untuk Timnas Spanyol mungkin bukan salah satu yang dipikirkan dan dibicarakan oleh banyak orang.

Ketika Anda memikirkan No.9 yang ikonik, Anda cenderung memikirkan Ronaldo, pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa untuk Timnas Brasil dan mungkin No.9 paling legendaris sepanjang masa. Lalu ada Harry Kane juga, tentu saja Robert Lewandowski bersama Timnas Polandia dan Erling Haaland akan mengenakannya untuk Timnas Norwegia, jika saja negara itu tampil di turnamen akbar empat tahunan ink.

Jadi melihat gelandang seperti Gavi mengenakannya adalah hal yang aneh.

Bukannya dia bahkan digunakan sebagai false nine di depan oleh Spanyol, yang menempatkan Cesc Fabregas di posisi itu 10 tahun lalu ketika mereka memenangkan Euro 2012. Cesc, secara kebetulan, diberi peringkat No.10 teratas untuk turnamen itu.

Lantas mengapa Gavi memakai No.9 untuk Spanyol di Piala Dunia 2022?

Omong-omong, Gavi tidak mengenakan No.9 untuk klubnya.

Lulusan La Masia ini telah mengenakan nomor punggung 30 untuk Barcelona sejak debutnya untuk Blaugrana – dan kabarnya Gavi akan mewarisi nomor punggung 6 milik Xavi Hernandez yang tak lain sekarang pelatih Barcelona pada musim depan.

 Gavi menandatangani perpanjangan kontrak di Camp Nou pada bulan September tetapi nomor punggungnya kosong sejak Riqui Puig membelot ke MLS.

Tradisi Gavi menggunakan No.9 telah ada sejak debutnya – dan itu menampilkan pilihan nomor menarik lainnya karena rekan setim Gavi, Sergi Roberto, memilih No.10. Itu terasa sedikit tidak pada tempatnya, mengingat Roberto bukanlah gelandang yang bertipikal menyerang dan telah menghabiskan sebagian besar kariernya di Barcelona sebagai bek kanan.


Dan alasan dibalik itu mungkin karena No.9 terlihat seperti No.6 terbalik? Gavi sendiri belum menjelaskan, begitu pula pelatihnya Luis Enrique.

(mochamad rahmatul haq/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network