Kontroversi VAR, Rebahan Antonio Diputus Wasit Offside

"Cek videonya. Sepertinya Antonio tidak mengganggu pandangan kiper."

Berita | 01 July 2020, 23:01
Kontroversi VAR, Rebahan Antonio Diputus Wasit Offside

Libero.id - Kontroversi keputusan video assistance referee terjadi saat West Ham mengalahkan Chelsea, Kamis dinihari (2/7). Wasit menganulir gol West Ham setelah melihat VAR dengan anggapan pemain West Ham offside.

Pada menit ke-34 West Ham yang bertindak tuan rumah merasa sudah membobol gawang Kepa Arrizabalaga ketika Soucek berhasil memanfaatkan situasi sepak pojok. Tetapi wasit Martin Atkinson kemudian berkonsultasi dengan VAR dan keputusannya menganulir gol tersebut.

Keputusan itu cukup kontriversial dengan alasan Antonio yang terbaring di hadapan kiper Kepa Arrizabalaga, dianggap menghalangi penjaga gawang sehingga dinilai offside. Dari rekaman terlihat Antonio tak terlibat proses gol.

Dalam pertandingan itu, West Ham United menghentikan rekor lima pertandingan tanpa kalah beruntun dari Chelsea setelah menang 3-2 dalam laga pekan ke-32 Liga Inggris tanpa penonton di Stadion London, Kamis WIB).

Willian mencetak dua gol untuk Chelsea, tapi itu tak cukup sebab West Ham memenangkan pertandingan lewat gol Tomas Soucek, Michail Antonio dan Andriy Yarmolenko.

Kemenangan itu sekaligus membesarkan harapan West Ham bertahan di Liga Premier. Tim besutan David Moyes itu kini mengoleksi 30 poin dan naik ke urutan ke-16 klasemen, menambah jarak aman jadi tiga poin dari zona degradasi.

Sedangkan Chelsea (54) membuang cuma-cuma kesempatan untuk naik ke urutan ketiga, setelah di laga lebih awal Leicester City (55) kalah. Bahkan tim besutan Frank Lampard itu kini terancam terlempar dari empat besar, sebab  Manchester United (52) dan Wolverhampton (52) hanya tertinggal dua poin.

Pertandingan segera diwarnai aksi jual beli serangan sejak kick off, tetapi tembakan Marcos Alonso tepat mengarah ke pelukan kiper Lukasz Fabianski sebaliknya sepakan Antonio masih melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-41 Christian Pulisic jatuh di dalam kotak penalti tuan rumah ketika menggiring bola dihadang kaki Issa Diop, lantas Atkinson menunjuk titik putih.

Willian sukses mengeksekusi penalti tersebut dengan mengecoh Fabianski untuk membawa Chelsea memimpin.

Pada menit kedua injury time babak pertama Soucek berhasil menyambut sepak pojok Jarrod Bowen untuk merobek jala gawang Chelsea, kali ini tanpa seorang pun menghalangi pandangan Kepa dan tak ada alasan untuk menganulir gol tersebut.

Enam menit memasuki babak kedua, West Ham berbalik unggul ketika aksi umpan-umpan pendek berhasil diakhiri dengan umpan tarik Bowen yang diselesaikan sempurna oleh Antonio di muka gawang.

Pada menit ke-72, Willian mencetak gol keduanya lagi-lagi lewat eksekusi bola mati. Kali ini ia melepaskan tendangan bebas yang melengkung melewati pagar hidup sebelum bersarang ke area tiang jauh tak terjangkau oleh Fabianski demi membuat kedudukan kembali imbang 2-2.

Dua menit kemudian, Chelsea hampir memimpin lagi, tetapi bola tendangan Pulisic hanya menghantam sisi luar jala gawang tuan rumah.

Pada menit ke-82, Antonio berhasil mengejar umpan Jack Wilshere sebelum dijatuhkan oleh Kepa di dalam kotak penalti, tetapi permintaan penalti West Ham diabaikan Atkinson. Keputusan itu tampak tepat, sebab Kepa terlihat sempat menyentuh bola sebelum menjatuhkan Antonio.

Kedua tim tampaknya akan berbagi poin, tetapi semenit jelang bubaran waktu normal West Ham melancarkan serangan balik yang diakhiri umpan terukur Antonio ke arah Yarmolenko yang kemudian menerobos kotak penalti dan dengan dingin menaklukkan Kepa.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network