Perang Ukraina-Rusia, Artem Dzyuba: Saya Bangga Menjadi Orang Rusia

"Kini ketegangan antar pesepakbola kian 'meruncing', utamanya antar pesepakbola Rusia & Ukraina."

Berita | 03 March 2022, 11:37
Perang Ukraina-Rusia, Artem Dzyuba: Saya Bangga Menjadi Orang Rusia

Libero.id - Kapten Rusia Artem Dzyuba telah mengeluarkan tanggapan menantang setelah dikritik karena diam atas invasi Rusia ke Ukraina.

Awal pekan ini, bek Everton Vitaliy Mykolenko mengkritisi Dzyuba dengan melabelinya sebagai "si pendiam", sementara pemain sayap West Ham, Andriy Yarmolenko juga mengecam timnas Rusia yang hanya diam seribu bahasa saat tetangganya diserang.

Dalam sebuah video yang dirilis di Instagram, Yarmolenko mengkritik timnas Rusia dan juga menyinggung rekaman seks terkenal Dzyuba, yang bocor pada tahun 2020.

"Saya tahu beberapa dari Anda (Dzyuba) suka menunjukkan nyali Anda di depan kamera, tetapi sekarang saatnya untuk menunjukkan nyali Anda di kehidupan nyata," ujar Yarmolenko.

Dzyuba, yang menjadi kapten Rusia di Euro 2020, kini telah merilis pernyataannya sendiri di Instagram.

Striker Zenit St Petersburg itu mengatakan dirinya menentang semua perang tetapi tetap bangga menjadi Rusia meskipun angkatan bersenjata dari negaranya sendiri telah menginvasi Ukraina.

“Sampai saat ini, saya tidak ingin berbicara tentang topik peristiwa di Ukraina,” ujar Dzyuba.

“Saya tidak mau, bukan karena saya takut, tetapi karena saya bukan ahli politik, saya tidak pernah masuk dan tidak berniat (tidak seperti sejumlah besar ilmuwan politik dan ahli virus yang baru-baru ini muncul di internet)."

“Tapi seperti orang lain, saya punya pendapat sendiri. Karena saya tertarik pada topik ini dari semua sisi, saya akan mengungkapkannya."

“Saya menentang perang apa pun. Perang itu menakutkan. Tapi saya juga menentang agresi dan kebencian manusia, yang semakin hari semakin menghancurkan."

“Saya menentang diskriminasi berdasarkan kebangsaan. Saya tidak malu bahwa saya orang Rusia. Saya bangga menjadi orang Rusia. Dan saya tidak mengerti mengapa atlet harus menderita sekarang."

“Saya menentang standar ganda. Mengapa seseorang dapat melakukan segalanya, tetapi semua anjing digantung pada kita. Mengapa semua orang selalu berteriak tentang olahraga di luar politik, tetapi pada kesempatan pertama, ketika datang ke Rusia, prinsip ini benar-benar dilupakan?"

“Sekali lagi, perang itu menakutkan. Dalam situasi stres, orang menunjukkan esensi mereka, terkadang negatif. Betapa banyak kemarahan, kotoran, dan empedu sekarang telah dicurahkan pada semua orang Rusia, terlepas dari posisi dan profesi mereka. Ribuan orang yang menulis hinaan dan ancaman itu."

“Sangat aneh mendengar semua ini dari orang-orang yang telah diberikan banyak hal oleh Rusia dalam hidup mereka. Semua ini hanya menciptakan lebih banyak hal negatif. Perang akan berakhir, tetapi hubungan manusia akan tetap ada. Dan tidak mungkin untuk mundur. Ingat ini."

“P.S. Dan untuk beberapa rekan yang duduk di ** mereka di rumah-rumah mewah di Inggris dan mengatakan hal-hal buruk: ini tidak bisa menyinggung kita, kita mengerti segalanya! Damai dan kebaikan untuk semua! #I'mAPatriotOfMyCountry #SportOutPolitics.”

Rusia melancarkan serangan militer skala penuh di Ukraina pada hari Kamis (24/02/2022), dengan pertempuran sengit sekarang berkecamuk untuk hari ketujuh di kota-kota di seluruh Ukraina.

Setidaknya 102 warga sipil telah tewas sejak awal invasi tetapi angka sebenarnya dikhawatirkan akan "jauh lebih tinggi", menurut kepala hak asasi manusia PBB, Michelle Bachelet.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network