Semua Raksasa ASEAN Jadikan Piala AFF-U 23 Sebagai Ajang Pemanasan Piala Asia U-23, Indonesia?

"Piala AFF U-23 2022 akan digelar di Phnom Penh pada 14-26 Februari, dengan Indonesia absen dari turnamen bergengsi tersebut."

Berita | 14 February 2022, 09:27
Semua Raksasa ASEAN Jadikan Piala AFF-U 23 Sebagai Ajang Pemanasan Piala Asia U-23, Indonesia?

Libero.id - Malaysia, Thailand, dan Vietnam, yang menargetkan gelar, akan menggunakan turnamen tersebut sebagai persiapan untuk Piala Asia u-23 di Uzbekistan 2022.

Undian untuk Piala Asia U-23 tahun ini akan diadakan pada hari Kamis (17/02/2022).

Dengan Indonesia terpaksa mundur dari Piala AFF U-23 2022 karena 7 pemain Skuad Garuda yang positif Covid-19, maka tentu saja jawara baru akan dinobatkan pada 26 Februari, dengan Thailand, Malaysia serta Vietnam menjadi favorit jawara.

Turnamen ini akan menampilkan 10 tim yang bersaing memperebutkan gelar dengan tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina dan Brunei Darussalam di Grup A.

Malaysia akan menghadapi Myanmar dan Laos untuk Grup B sementara Grup C dianggap sebagai 'Grup Neraka' dengan Thailand, Vietnam dan Singapura akan saling berhadapan.

Tiga juara grup dan tim peringkat kedua terbaik akan melaju ke semifinal pada 24 Februari.

Ketiga tim Piala Asia U-23 2022 (Malaysia, Vietnam dan Thailand) akan membidik perjalanan yang lebih lama di Phnom Penh untuk meningkatkan persiapan mereka menghadapi pertandingan kontinental.

Thailand, yang kalah 2-1 dari Indonesia di final Kejuaraan AFF U23 2019, akan berusaha menambah gelar Piala AFF 2020 yang dimenangkan tim senior dengan cara yang gemilang.

Tiga Raksasa ASEAN di Piala Asia U-23

Vietnam sendiri lolos ke Piala Asia U-23 setelah menjadi juara di Grup I Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Kemudian Thailand bisa lolos karena menjadi salah satu dari empat runner-up terbaik. Thailand hanya bisa menempati posisi kedua di Grup J dengan total lima poin dari satu kemenangan dan dua kali imbang.

Thailand kalah dari Malaysia di Grup J tersebut karena tim Negeri Jiran itu mampu mengoleksi tujuh poin dari dua kemenangan dan satu imbang saat melawan Thailand, Laos, dan Mongolia. 

Adapun Indonesia yang berada di Grup G bersama Australia gagal lolos setelah dalam dua pertemuan itu Garuda Muda tumbang dua kali sehingga tak bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022.

Alasan kenapa Grup G hanya diisi Indonesia dan Australia adalah karena China dan Brunei Darussalam mengundurkan diri.

Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong kini akan fokus pada pertandingan persahabatan menghadapi tim-tim Eropa, yang paling dekat PSSI menjadwalkan Indonesia menghadapi timnas Bosnia dan Herzegovina serta Slovakia.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network