Sinyal Bahaya untuk Indonesia? Malaysia Naturalisasi Sergio Aguero

"Apakah dia Aguero legenda Man City? Ini ceritanya"

Berita | 02 February 2022, 13:39
Sinyal Bahaya untuk Indonesia? Malaysia Naturalisasi Sergio Aguero

Libero.id - Dua penggawa Sri Pahang FC, Lee Tuck asal Inggris dan Sergio Fabian Ezequiel Aguero, asal Argentina, rencananya akan dinaturalisasi menjelang musim baru Liga Super Malaysia bergulir.

Meski begitu, manajemen Tok Gajah (julukan Sri Pahang FC), memiliki kendala untuk membuat dua legiun asingnya menjadi warga Malaysia, kenapa?

Mantan juara Piala Malaysia itu telah menandatangani lima pemain asing untuk memimpin kampanye mereka tahun ini.

Langkah itu membuat Pahang tidak bisa mendaftarkan Lee Tuck dan Aguero kecuali mereka memegang paspor Malaysia.

Lima pemain baru adalah Manuel Hidalgo, Mamadou Samassa, Mahmoud Za'tara, Johan Martial dan Billy Ketkeophomphone.

Johan adalah kakak dari penyerang Manchester United, Anthony Martial, yang bergabung dengan klub La Liga, Sevilla dengan status pinjaman baru-baru ini.

Lee Tuck dan Aguero telah bergabung dengan Pahang tahun lalu tetapi masing-masing dipinjamkan ke Terengganu dan Perak. Keduanya telah melapor ke kamp pelatihan Pahang jelang kompetisi Liga Malaysia Bergulir.

Namun, ada juga kemungkinan kedua pemain tersebut bisa menghabiskan satu musim lagi dengan status pinjaman di klub M-League lainnya.

Dalam laporan New Straits Times, Pahang sendiri dikatakan telah memulai proses naturalisasi kedua pemain dan akan didaftarkan sebagai penduduk lokal untuk musim ini.

Tim asuhan Christophe Gamel sendiri belum mengeluarkan pernyataan tentang rencana mereka untuk Lee Tuck dan Aguero.

Lee Tuck (34 tahun) dan Aguero (27 tahun) telah bermain sepak bola profesional di Malaysia sejak 2017 dan karenanya memenuhi syarat untuk mengajukan paspor Malaysia.

Sebelumnya, Lee Tuck masuk radar FA Malaysia (FAM) untuk diubah menjadi pemain naturalisasi karena mengklaim salah satu kakek dan neneknya lahir di Malaysia. Namun, karena kurangnya bukti, ide itu dibatalkan.

FAM telah memutuskan untuk menunda program naturalisasi mereka pada Agustus tahun lalu. Namun, klub M-League bebas melakukannya selama pemain asing mereka memenuhi kriteria FIFA, yang berarti Pahang dapat melanjutkan rencana naturalisasi mereka.

Di bawah aturan kelayakan FIFA, pemain asing yang telah tinggal lima tahun di suatu negara, dapat mengajukan paspor dan mewakili tim nasional negara itu.

Di bawah program FAM, Mohamadou Sumareh kelahiran Gambia, Liridon Krasniqi dari Kosovo dan Guilherme de Paula dari Brazil dinaturalisasi oleh badan nasional tersebut.

Siapa Sergio Fabian Ezequiel Aguero?

Dalam perbincangan media Malaysia, pemain yang memiliki nama seperti mantan pemain Man City, Sergio Aguero tersebut bukan lah saudara atau keluarga dekat dari mantan penyerang andalan timnas Argentina tersebut.

Sergio Fabian Ezequiel Aguero sendiri adalah pemain jebolan akademi Club Atlético All Boys yang kemudian memulai karier profesionalnya di Hungaria bersama FC Tatabánya, sebelum banyak menghabiskan waktu bermainnya di Negri Jiran.

Terhitung, ia telah membela sebanyak 6 klub Liga Super Malaysia seperti Melaka United, Selangor United, Penang, Sri Pahang, Perak & Kuala Lumpur Rovers.

Fabian Aguero telah bermain di Malaysia sejak 2017 dan ia tampak sangat nyaman tinggal di Malaysia.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network