Javier Mascherano Punya Karier Baru, Jadi Pelatih Argentina U-20

"Mengemban misi untuk juara Piala Dunia U-20 di Indonesia..."

Berita | 10 December 2021, 18:23
Javier Mascherano Punya Karier Baru, Jadi Pelatih Argentina U-20

Libero.id - Usai tak terdengar cukup lama, nama  Javier Mascherano kini kembali mengudara dan Legenda Barcelona asal Argentina itu telah memanfaatkan diri untuk berkiprah di sepak bola sekali lagi.

Bukan sebagai pemain, melainkan pelatih. Kabar itu diumumkan langsung oleh
Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA), pada  Kamis (09/12/2021) sore waktu setempat, Mascherano akan melatih skuad U-20, La Albiceleste.

"Mantan kapten tim nasional berusia 37 tahun itu akan menjabat mulai Januari 2022," kata AFA dalam sebuah pernyataan.

Mascherano adalah satu-satunya pesepakbola Argentina yang memenangkan medali emas Olimpiade dua kali, di Olimpiade Athena 2004 dan Beijing 2008. 

Dalam posisinya sebagai pelatih, Mascherano menggantikan Fernando 'Bocha' Batista, yang akan bergabung dengan tim pelatih baru yang dibentuk oleh Jose Pekerman, yang telah direkrut untuk memimpin tim nasional Venezuela.

"Saya tidak pernah mengatakan apa yang harus dilakukan seseorang, jika saya tidak melakukannya sendiri terlebih dahulu untuk memberi contoh," kata Mascherano ketika diminta untuk menguraikan visi melatihnya.

Sebagai pemain, pensiunan bek tengah dan gelandang bertahan itu memenangkan kompetisi teratas di sepak bola Argentina bersama River Plate dan mengantongi gelar liga lainnya di Brasil bersama Corinthians.

Selama 17 tahun karir klub, ia juga bermain untuk klub Inggris West Ham United dan Liverpool, sebelum ditransfer pada 2010 ke Barcelona, ​​​​di mana ia menghabiskan delapan musim dan memenangkan 18 trofi.

Ia adalah pemain dengan caps terbanyak kedua dalam sejarah tim nasional dengan 147 penampilan, di belakang mantan rekan setimnya di Barca, Lionel Messi, dengan 159 penampilan.

Mascherano bermain dalam empat edisi Piala Dunia: Jerman 2006, Afrika Selatan 2010, Brasil 2014 dan Rusia 2018. Ia adalah bagian dari tim yang menjadi runner-up pada 2014, kalah 1-0 di final dari Jerman. 

Di akhir-akhir kariernya sebagai pemain, ia sempat melatih selama 20 bulan di Hebei Fortune di China, ia kembali ke sepak bola papan atas Argentina bersama Estudiantes de la Plata pada 2019, tetapi hanya mampu mengelola beberapa pertandingan sebelum pandemi virus corona memaksa skorsing delapan bulan. Pada pertengahan November 2019, ia memutuskan untuk gantung sepatu.

Dan sejak pensiun, Mascherano telah bekerja untuk AFA sebagai Direktur Metodologi dan Pengembangan Nasional, peran yang membuatnya mengawasi bakat-bakat pemain muda. 

Mari kita nantikan kiprahnya sebagai pelatih.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network