Jelang Semifinal Euro 2020, Statistik Memihak Pada Inggris

"Inggris akan bermain dengan kenangan 1966, sementara Denmark dengan kenangan 1992. Siapa menang?"

Feature | 07 July 2021, 18:43
Jelang Semifinal Euro 2020, Statistik Memihak Pada Inggris

Libero.id - Inggris berhasil mencapai semifinal Euro 2020 lewat jalan yang bisa dikatakan relatif mudah. Kecuali hasil imbang dari Skotlandia, kesebelasan yang dilatih oleh Gareth Southgate itu belum pernah sekalipun menderita kekalahan. Kalau bukan karena fakta itu, tidakkah mungkin The Three Lions masih tegak berdiri.

Di sisi lain, Denmark secara mengejutkan bisa sampai ke tahap yang sekarang, bermain apa adanya di fase grup, anak asuh Kasper Hjulmand itu justru tak terbendung ketika memasuki fase gugur. Keduanya akan bertemu dini hari (8/8/) mendatang, dan dengan misi yang sama yakni meraih kemenangan.

Head-to-head Inggris vs Denmark

Dilansir dari SunSport keduanya pertama kali bertemu pada September 1948. Dan sejak itu puluhan pertandingan telah digelar.

Inggris telah mengalahkan Denmark dalam 12  kesempatan dari 17 pertemuan, tapi secara kompetitif The Three Lions belum mencatatkan kemenangan sejak 2002, dimana, di babak 16 besar Piala Dunia, Inggris mengalahkan Denmark 3-0.
 


Terbaru, Inggris  gagal mengalahkan Denmark ketika bermain di Nations League tahun lalu, mereka bermain seri 0-0 di Kopenhagen dan Inggris  kalah 0-1 di Wembley.

Sebelum laga perebutan tiket final Euro 2020 itu dimulai, dan sebelum statistik berubah, mari kita simak beberapa pertandingan bersejarah bagi kedua klub, yang mungkin beberapa telah disinggung di atas, ini dia ulasannya ;

1. Inggris (5) Denmark (2) - Molineux (1956)

Pertandingan kompetitif pertama antara kedua negara adalah 59 tahun yang lalu. Dan Inggris asuhan Walter Winterbottom meraih kemenangan telak 5-3, dimana bintang mereka saat itu, Duncan Edwards mencetak dua gol.


2. Denmark (0) Inggris (0) - Malmo (1992)

29 tahun yang lalu di Swedia, juga dalam gelaran Kejuaraan Eropa. Pertemuan Inggris dan Denmark terjadi di fase grup dan berakhir 0-0,  Gary Lineker, Paul Merson dan kolega gagal menjebol kiper tangguh Denmark yang juga merupakan pemain andalan Manchester United, siapa lagi kalau bukan Peter Schmeichel.

Pada tahun itu, Denmark kemudian memenangkan Euro 92  dengan mengalahkan di partai final.

Dini hari nanti, putra Schmeichel, yakni  Kasper Schmeichel, akan menjadi penjaga gawang untuk Denmark, dan akankah penjaga gawang Leicester City mengikuti jejak sang ayah? 

3. Inggris (3) Denmark (0) - Niigata (2002)


Gol bunuh diri Thomas Sorensen dan masing-masing satu gol dari  Michael Owen dan Emile Heskey memastikan kemenangan Inggris atas Denmark di babak 16 besar Piala Dunia 2002.

Pada babak berikutnya, Inggris kemudian kalah dari Brasil yang akhirnya menjadi pemenang di turnamen tersebut .

4. Inggris (1) Denmark (0) - Wembley (2014)

Kemenangan terakhir Inggris melawan Denmark terjadi tujuh tahun lalu ketika tim asuhan Roy Hodgson memastikan kemenangan 1-0 di Wembley.

Beberapa nama yang memperkuat Inggris saat ini seperti Jordan Henderson, Raheem Sterling, dan, Luke Shaw semuanya bermain dalam pertandingan yang jarang diingat itu. Sebuah gol telat dari striker Liverpool waktu itu, Daniel Sturridge memastikan kemenangan The Three Lions.


5. Inggris (0) Denmark (1) - Wembley (2020)

Denmark akhirnya punya catatan bagus juag, belum lama ini ketika mereka menang lewat satu-satunya gol dari Christian Eriksen yang dicetak di babak pertama dari titik penalti.

Kemenangan itu diraih dalam mini turnamen Nations League. Mungkin yang paling mengkhawatirkan bagi Inggris ialah ketika itu anggota skaud yang  dimainkan Southgate ialah 7 dari 11 pemain yang juga bermain sebagai starter saat melawan Ukraina di perempat final .

Tapi Sterling, Shaw, Phil Foden dan Jack Grealish tidak bermain dalam kekalahan itu - dan penggemar Inggris akan berharap salah satu dari bintang-bintang itu bisa membongkar pertahanan rapat Denmark, di Wembley, di rumah mereka sendiri.

(mochamad rahmatul haq/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network