Brasil Tembus Semifinal Copa America, Hadapi Peru

"Brasil menang tipis atas Chili, sementara Peru harus berjuang keras menghadapi Paraguay"

Berita | 03 July 2021, 13:29
Brasil Tembus Semifinal Copa America, Hadapi Peru

Libero.id - Peru sukses melaju ke semifinal usai mengalahkan Paraguay 4-3 melalui adu penalti dan akan bertemu Brasil yang mengalahkan Chili.

Gol babak kedua Lucas Paqueta sudah cukup untuk Brasil yang berstatus sebagai juara bertahan untuk mengalahkan Chili 1-0 pada laga perempat final Copa America 2021 serta memastikan diri lolos ke semifinal dan akan bertemu dengan Peru.

Masuk menggantikan Roberto Firmino di menit-menit awal babak kedua, Paqueta membuat perubahan yang berdampak pada permainan Selecao. Gelandang Lyon itu menemukan celah di pertahanan Chili dan melepaskan tembakan ke bagian belakang gawang pada menit ke-47 untuk membawa Brasil unggul 1-0.

Namun, kurang dari dua menit kemudian, Brasil harus bermain dengan 10 orang ketika tendangan tinggi sembrono Gabriel Jesus mengenai wajah Eugenio Mena dan langsung mendapat kartu merah dari wasit Patricio Loustau. Tim Chili asuhan Martín Lasarte tidak mampu memanfaatkan jumlah pemain, dan dari beberapa percobaan mereka tidak ada yang berbuah gol.

Eduardo Vargas sempat menyamakan kedudukan di menit ke-62 dengan tembakan jarak dekat, tetapi VAR memastikan bahwa mantan pemain Napoli berada di posisi offside. Di menit ke-69, umpan silang Mena dari kiri dapat disundul oleh Ben Brereton dan sempat membuat Ederson melakukan kesalahan namun sialnya bola gagal membentur mistar gawang.

Ederson yang bermain untuk Manchester City kemudian melakukan penyelamatan besar di menit ke-78 saat Chili berjuang mati-matian untuk menyamakan kedudukan, salah satunya adalah peluang yang dimiliki Carlos Palacios yang hanya berakhir di atas mistar gawang.

Peluang terbaik Brasil di babak pertama hadir setelah 20 menit pertandingan berjalan, ketika Neymar suskes memberikan umpan ke Roberto Firmino yang berada di tiang jauh, tetapi striker Liverpool tidak bisa mengkonversi umpan tersebut menjadi sebuah gol. Sementara Chili, melalui Vargas sempat membuat tembakan ke kanan gawang Ederson, namun masih dapat diselamatkan oleh mantan pemain Benfica itu.

Jesus yang dimainkan bersama Neymar di depan, nyaris membuat Brasil unggul sesaat sebelum turun minum tetapi Claudio Bravo sukses menepis tendangan Jesus dan hanya melambung ke atas mistar gawang.

Dengan kemenangan itu, Brasil akan berjumpa dengan Peru di babak semifinal yang akan diselenggarakan di Estádio Olímpico Nilton Santos pada 5 Juli mendatang.

Peru suskes mengalahkan Paraguay dalam adu penalti
Miguel Trauco mencetak gol penalti penentu bagi Peru untuk memastikan langkah anak asuh Ricardo Gareca ke babak semifinal. Dalam drama adu penalti antara Peru dan Paraguay yang berakhir dengan skor 4-3, tedapat dua tembakan di atas mistar gawang dan tiga penyelamatan.

Sebelum pertandinan berakhir dalam adu penalti, kapten Paraguay, Gustavo Gomez membuka skor pada menit ke-11, namun Gianluca Lapadula mencetak gol pada menit ke-21 dan ke-40 untuk membawa Peru memimpin. Keadaan semakin memburuk untuk La Albirroja kala Gomez diusir keluar lapangan beberapa saat sebelum turun minum, tetapi Junior Alonso menyamakan kedudukan pada menit ke-54.

Tendangan Yoshimar Yotun pada menit ke-80 membuat Peru unggul 3-2, tetapi setelah Andre Carillo diusir keluar lapangan pada menit ke-84 untuk mengurangi pemain Peru menjadi 10 pemain, Gabriel Avalos berhsail menyamakan kedudukan pada menit terakhir untuk memaksa adu penalti.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network