Rahasia Di Balik Tim Kejutan Ekuador, Bungkam Tim Penuh Bintang Kolombia 6-1

"Ecuador juga menggasak Uruguay 4-2. Padahal mereka nyaris tanpa bintang. Pemain gaek seperti Antonio Valencia atau Cristian Noboa tak ada lagi."

Berita | 18 November 2020, 00:37
Rahasia Di Balik Tim Kejutan Ekuador, Bungkam Tim Penuh Bintang Kolombia 6-1

Libero.id - Ekuador menjadi tim kejutan di kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Amerika Selatan. Mereka saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara di bawah Brasil dengan tiga kemenangan dan satu kalah. Satu-satunya kekalahan datang dari Argentina 0-1.

Setelah kalah dari Argentina, Ekuador memukul Uruguay 4-2 di kandang sendiri, Quito. Kemudian mereka menang atas Bolivia meski bermain di stadion tertinggi di dunia di La Paz 3-2. Terbaru pagi tadi mereka menang 6-1 lawan Kolombia di Estadio Rodrigo Paz Delgado, Quito.

Gol kemenangan Ekuador dicetak Robert Arboleda 7’, Angel Mena 9’, Estrada 32’, Arreaga 39’, Plata 78' dan Estupinan menit ke 90+1. Gol Kolombia dibuat James Rodiguez.

Kolombia tampil dengan bintang-bintangnya seperti Jeyson Murillo, Duvan Zapata, Luis Muriel, Juan Cuadrado, maupun James Rodriguez.

Apa sebenarnya rahasia Ekuador, berikut petikan wawancara Fifa.com dengan pelatih Gustafo Alvaro. Dia lebih dikenal di Argentina sebagai komentator di 4 piala dunia daripada sebagai pemain maupun pelatih. Ekuador adalah timnas pertama dia latih.


FIFA.com: Masa Anda sebagai pesepakbola profesional relatif singkat. Mengapa demikian?

Gustavo Alfaro: Sepak bola selalu menjadi passion saya. Selain bermain untuk Atletico Rafaela, bisa dibilang saya besar di sana, karena orang tua saya adalah ofisial klub. Saya bermimpi suatu hari bermain di liga papan atas, dengan antusias mendengarkan sepak bola di radio dan memperbarui klasemen liga saya sendiri. Namun, dari Rafaela yang sepertinya masih jauh, saya mulai belajar menjadi insinyur kimia.

Kemudian satu tahun kami memasuki turnamen regional, dan dari sana kami dipromosikan ke B Nacional (divisi dua). Saya berjanji kepada ayah saya bahwa saya akan bermain sebentar dan kemudian melanjutkan studi saya, dan tiga tahun kemudian itulah yang saya lakukan. Namun, sepakbola menang pada akhirnya, dan saya memutuskan untuk menjadi pelatih. Pada usia 30 tahun, saya sudah melatih secara profesional.

Apa yang membuat Anda bersemangat melatih Ekuador?

Potensi. Saya telah menyaksikan perkembangan para pemain muda di tim yunior, dan mereka adalah bakat yang sangat bagus. Ada juga sekelompok pemain menarik berusia sekitar 23 tahun, tetapi tidak banyak di antara mereka dan orang-orang seperti [Christian] Noboa, [Alexander] Dominguez, dan [Antonio] Valencia. Dalam proses pembangunan kembali, jika saya dapat memberi tim jejak sepak bola Argentina, tanpa kehilangan esensi dan jatidiri Ekuador, maka tim nasional dapat kembali ke keadaan enam tahun lalu dan juga memikirkan tentang sepuluh tahun ke depan.

Apa tantangan pertama Anda dalam mengambil peran yang begitu dekat dengan awal pertandingan kualifikasi?

Menyeimbangkan kurangnya waktu yang tersedia dengan kebutuhan akan hasil sambil menempa identitas tim dan kelompok. Saya selalu memperkenalkan diri saya kepada para pemain saat saya mengirim mereka ke lapangan, berharap mendapatkan kesan pertama yang baik dan dengan cepat membangun hubungan baik.

Mereka menanggapi dengan luar biasa dan mempermudah saya. Saya merasa mereka percaya pada saya dan mencoba untuk memahami nasihat yang kami berikan kepada mereka.

Dalam dua kualifikasi pembuka Anda, Anda kalah tipis dari Argentina dan dengan nyaman mengalahkan Uruguay. Bagaimana Anda menyimpulkannya?

Secara keseluruhan itu positif, karena kami melawan dua tim terbaik di Amerika Selatan. Kami bermain bagus, terutama melawan Uruguay. Kami telah menciptakan beberapa harapan dan kami harus memenuhi. Ekuador memenangkan empat pertandingan pertama mereka di edisi terakhir tetapi tidak lolos ke Rusia. Siapapun yang tidak mengetahui sejarahnya sendiri ditakdirkan untuk mengulanginya. Pekerjaan kita baru saja dimulai, jadi kita semua memiliki keuntungan itu.

Tim tampaknya membuang hambatan mereka melawan Uruguay. Apa yang berubah?

Saya merasakan performa yang berbeda di babak kedua melawan Argentina. Saya mengatakan kepada para pemain untuk melupakan mereka menghadapi Argentina dan nama-nama besar mereka, karena itu hanya akan membuat lebih sulit untuk bersaing. Mereka harus mengesampingkan prasangka apa pun - seperti halnya masalah ketinggian.

Apa yang Anda maksud dengan 'masalah ketinggian'?

Sebelum pertandingan Uruguay, saya menunjukkan bahwa saya lelah mendengar lawan sebenarnya di Ekuador adalah ketinggian. Saya berkata kepada mereka: 'Mari kita tunjukkan kepada mereka bahwa lawan mereka adalah orang yang mengenakan kaos dan berada di sekitar sepakbola, bukan geografi.' Setelah itu saya melihat tim yang lebih bebas bergerak. Bagi saya ada tiga hal yang dibutuhkan Ekuador untuk menutup celah saat melawan tim yang berperingkat lebih tinggi.

Yang pertama adalah agresi, dalam arti yang baik. Karena biotipe mereka, mereka kuat, cepat, dinamis, dan teknis, tetapi cara Anda mengadu bola terkadang dapat menentukan siapa yang memenangkannya. Ini juga memengaruhi sisi taktis - mereka tidak boleh takut untuk bertahan dengan garis lebih tinggi di lapangan, lebih jauh dari gawang kami. Dengan kecepatan mereka, mereka dapat berkumpul kembali lebih cepat.

Yang kedua adalah konsentrasi. Tujuan saya adalah agar para pemain dapat melihat situasi atau ruang yang dapat dimanfaatkan kapan saja, karena detail seperti itu dapat membuat perbedaan di level ini. Melawan Uruguay kami dihukum dua penalti yang tidak perlu karena kehilangan konsentrasi.

Dan ketiga, disiplin taktis, dan pemahaman mengapa kami melakukan segalanya. Bakat adalah prasyarat, tapi itu sendiri tidak cukup. Ketiga faktor tersebut dapat membuat kita menjadi tim yang saya inginkan.

Bagaimana perasaan Anda tentang optimisme awal seputar tim?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, tantangannya adalah mengubah harapan menjadi kenyataan. Saya di sini bukan untuk mengelola tim melainkan untuk menang. Misalnya, siapa bilang kita tidak bisa memenangkan Copa America berikutnya? Dengan tidak sombong, saya harus mengakui bahwa akan mengecewakan jika kami tidak tampil di Piala Dunia berikutnya, jadi saya akan mengerahkan segenap hati dan jiwa saya untuk membawa Ekuador ke Qatar.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network