Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Presiden Jokowi Serahkan Penuh Soal Stadion Kepada PSSI

"Semoga jadi dan tidak ada pembatalan seperti Piala Dunia U-20."

Berita | 13 July 2023, 08:27
Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Presiden Jokowi Serahkan Penuh Soal Stadion Kepada PSSI

Libero.id - Indonesia belum lama ini ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Penunjukan Indonesia ini tak lepas dari mundurnya Peru dari tuan rumah sebelumnya.

Usia ditunjuk menjadi tuan rumah, PSSI langsung menyiapkan stadion-stadion mana saja yang akan digunakan sebagai venue pertandingan. Kabarnya ada enam stadion yang akan digunakan untuk ajang tersebut.

Namun hingga kini belum diketahui stadion mana saja yang akan dijadikan lokasi bertanding. Menanggapi persoalan venue Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan stadion untuk Piala Dunia U-17 2023 adalah hak FIFA yang menentukan.

Menurutnya Dalam hal ini, pemerintah akan berupaya membantu supaya venue-venue yang ada sesuai standar FIFA.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI sudah mengajukan delapan stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-17 2023. Nah, nantinya FIFA akan memilih mana saja yang akan digunakan.

Stadion-stadion tersebut adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Sriwijaya (Palembang), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Venue lainnya adalah Jakarta International Stadium dan satu stadion yang disebut-sebut dekat dengan Ibu Kota.

"Yang menentukan (stadion) FIFA bukan presiden, tugas kita menyiapkan memperbaiki, merenovasi. Kalau sudah FIFA ke sini, siap gak? Jadi itu," ujar Jokowi kepada awak media saat kunjungan ke Jalak Harupat, Rabu (12/7/2023).

Sebelumnya, enam stadion yang disiapkan kecuali JIS dan satu lagi yang masih menjadi misteri sudah menjalani tahap renovasi. Pasalnya, enam venue itu semula untuk Piala Dunia U-20 2023 di mana Indonesia semula adalah tuan rumah.

Namun, FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia karena muncul gelombang penolakan karena adanya Israel sebagai peserta. Meski begitu, venue mana yang dipakai masih belum diketahui.

"6-8 stadion (disiapkan) tapi nanti sekali lagi ini ada dicek FIFA yang mana yang akan ditentukan sehingga yang menentukan sekali lagi adalah FIFA kita menyiapkan saja," pungkasnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network