Demi Gembleng Wasit Indonesia, PSSI Akan Datangkan Pierlugi Colina untuk Jadi Mentor

"Kalau ga kenal wasit satu ini kelewatan sih.."

Berita | 22 June 2023, 15:12
Demi Gembleng Wasit Indonesia, PSSI Akan Datangkan Pierlugi Colina untuk Jadi Mentor

Libero.id - Kualitas wasit menjadi pekerjaan rumah yang serius bagi persepakbolaan Indonesia. Upaya untuk membenahi hal fundamental tersebut terus dilakukan.
Terbaru PSSI tengah berusaha untuk bisa mendatangkan langsung Pierluigi Collina. Sosok wasif legendaris yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komite Wasit FIFA.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku sudah bersurat ke FIFA terkait dengan niatan menjadikan Pierluigi Collina sebagai role model dan mentor bagi wasit-wasit di Indonesia.

"Kami juga akan ada insentif, saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina, ya. Instruktur dari FIFA untuk datang ke Indonesia agar ketemu para wasit juga," ungkap Erick Thohir dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Kamis (22/6).

Belum lama PT LIB juga menggelar seleksi wasit untuk musim kompetisi Liga 1 2023/23 yang dibantu langsung oleh FIFA. Hasilnya sungguh miris, dari 160-an wasit tengah hanya 18 yang boleh disebut layak.

"Supaya kasih semangat juga, bukan hanya [Roberto] Carlos, [Sebastian] Veron [untuk semangati pemain], wasitnya pun perlu semangat, suratnya sudah dikirim Pak Sekjen." lanjut Erick Thohir.

Harapannya dengan kedatangan Pierluigi Collina, bisa menaikkan moral dan kualitas wasit Liga Indonesia. Pria kelahiran Bologna ini dianggap sebagai sosok yang tepat karena pada masa  Pierluigi Collina merupakan wasit yang dikenal tegas dan adil dalam memimpin laga.

 "Itu agar wasit bisa punya kewibawaan dan kepercayaan diri karena mereka juga manusia biasa yang perlu perhatian dan pondasi untuk kehidupan mereka," beber Erick Thohir.

Wasit asal Italia ini sudah memimpin ratusan pertandingan besar. Di antaranya Final Piala Dunia 2002  yang mempertemukan Timnas Brasil vs Timnas Jerman. Wasit yang memutuskan pensiun pada 2005 itu banyak  mendapatkan  penghargaan bergengsi, termasuk enam kali sebagai Wasit Terbaik Dunia dari IFFHS (International Federation of Football History and Statistics).

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network