Punya Pengalaman Buruk Lawan Jepang, Shin Tae-yong Ingin Balas Dendam Lewat Timnas Indonesia, Mampukah?

"Apa pun itu, semoga Indonesia bisa tampil impresif di Piala Asia 2023 ?"

Berita | 12 May 2023, 08:35
Punya Pengalaman Buruk Lawan Jepang, Shin Tae-yong Ingin Balas Dendam Lewat Timnas Indonesia, Mampukah?

Libero.id - Lewat Timnas Indonesia, dendam kesumat Shin Tae-yong terhadap Jepang di Piala Asia terbalaskan? Sekadar diketahui, hasil drawing Piala Asia 2023 menempatkan Timnas Indonesia dengan Vietnam, Irak dan tim terkuat di Asia saat ini, Jepang, di Grup D.

Shin Tae-yong sebenarnya memiliki kenangan manis atas Jepang. Ketika menangani Timnas Korea Selatan, Shin Tae-yong mengantarkan skuad Taeguk Warriors menjadi kampiun EAFF Championship 2017 setelah menang 4-1 atas Jepang di partai penentuan.

Namun, jika ukurannya Piala Asia, Shin Tae-yong memiliki cerita kelam saat bersua Jepang. Pada 2016, Shin Tae-yong memimpin Timnas Korea Selatan U-23 tampil di Piala Asia U-23 2016.

Berkat permainan impresif, Timnas Korea Selatan U-23 lolos ke partai puncak. Di final, Timnas Korea Selatan U-23 dipertemukan dengan Timnas Jepang U-23.

Laga diprediksi bakal berjalan mudah bagi Korea Selatan. Sebab, ketika pertandingan memasuki menit 47, Korea Selatan unggul 2-0 atas Jepang.

Sayangnya, Korea Selatan lengah di sisa laga. Jepang sanggup berbalik unggul lewat gol-gol Shinya Yajima pada menit 67, serta brace Takuma Asano (68’ dan 81’). Alhasil, Jepang menang 3-2 atas Korea Selatan dan menyegel gelar juara Piala Asia U-23 2016.

Karena itu, laga Timnas Indonesia vs Jepang dapat dijadikan momentum Shin Tae-yong balas dendam kepada skuad Samurai Biru –julukan Jepang. Benar, secara kualitas pemain Timnas Indonesia jauh di bawah Jepang.

Namun, jangan lupa di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia diperkuat pemain-pemain naturalisasi yang tengah menanti debut, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh. Belum lagi Marselino Ferdinan dan Asnawi Mangkualam yang diprediksi semakin matang di luar negeri.

Timnas Indonesia dapat mengambil inspirasi dari Vietnam asuhan Park Hang-seo. Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Vietnam pernah menahan Jepang 1-1.

Hebatnya lagi, Vietnam sempat unggul 1-0 atas Jepang dalam laga yang dilangsungkan di Negeri Matahari Terbit. Jika sanggup mencuri angka atas Jepang, peluang Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sangat besar.

Sebab, selain peringkat satu dan dua, ada empat tim dengan peringkat tiga terbaik yang diizinkan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Menarik menanti aksi skuad asuhan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network