Sempat Dilirik Shin Tae-yong untuk Main di Timnas, Cyrus Margono Sedang Urus Paspor Indonesia

"Kiper Panathinaikos nih... Pengen bgt main di Timnas Indonesia."

Berita | 03 May 2023, 08:19
Sempat Dilirik Shin Tae-yong untuk Main di Timnas, Cyrus Margono Sedang Urus Paspor Indonesia

Libero.id - Berbeda halnya dengan Emil Audero yang enggan memperkuat Timnas Indonesia, kiper keturunan Indonesia lainnya yang juga bermain di Eropa yakni Cyrus Margono menyatakan kesediaannya dan bahkan antusias untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Saat ini Cyrus Margono bermain untuk klub Yunani, Panathinaikos  Kiper berusia 22 tahun yang lahir di Amerika Serikat itu ternyata pernah masuk dalam radar pelatih Shin Tae-yong namun karena status kewarganegaraannya akhirnya Cyrus Margono tak jadi dipanggil oleh Shin Tae-yong lantaran belum memenuhi syarat administrasi: paspor Indonesia.

Kabar baiknya saat ini pemain yang mulai jadi starter di Panathinaikos B  itu tengah mengurus masalah administrasi tersebut agar suatu waktu bisa memenuhi  panggilan Timnas Indonesia.

Ayah Cyrus Margono bernama Johan dan merupakan orang Indonesia tulen 100 persen.

Kabar ini  diungkapkan oleh eks utusan PSSI untuk urusan naturalisasi pemain, Hamdan Hamedan lewat unggahan terbaru di akun Instagram pribadinya. Meskipun tidak lagi ditugasi secara formal oleh PSSI, Hamdan Hamedan dengan sukarela menjembatani urusan Cyrus Margono.

"Beberapa bulan lalu, salah satu pelatih di bawah Coach @shintaeyong7777 bertanya kepada saya terkait Cyrus Margono. Intinya, dia ingin mengamati @cmargono lebih dekat asalkan dia memiliki paspor Indonesia." Tulis Hamdan.

" Saya tahu bahwa memang Cyrus ingin membela Indonesia. Dia mengatakan hal itu pada saya Juni tahun lalu saat tak sengaja bertemu di bandara. Cyrus memang pernah berkewarganegaraan Indonesia hingga usia 21 tahun. Tapi dia tidak memiliki paspor Indonesia." Lanjutnya.

Cyrus Margono belum memilih WNI sehingga memiliki kewarganegaraan ganda.

Saat ini, Cyrus Margono tengah berjuang kembali mendapatkan kewarganegaraannya mengingat ada
Peraturan Pemerintah (PP) nomor 21 tahun 2022 tentang Tata Cara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan, dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Kemudian, saya bersama Pak Johan (ayah Cyrus), Duta Besar @bebebdjundjunan di Yunani, dan Cyrus mulai membahas langkah-langkah agar Cyrus dapat memenuhi syarat untuk membela Indonesia.

"Hari ini, alhamdulillah, kami memulai proses untuk mendapatkan kembali kewarganegaraan Indonesia bagi Cyrus." Tulis Hamdan.


Semoga urusan ini segera selesai dan bukan tidak mungkin Cyrus Margono akan bermain di Piala Asia 2023 pada awal bulan tahun 2024 mendatang.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network