Kisah Kepahlawanan Eddy Harto Saat Timnas Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 1991

"Semoga terulang di SEA Games 2023."

Biografi | 15 April 2023, 08:42
Kisah Kepahlawanan Eddy Harto Saat Timnas Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 1991

Libero.id - SEA Games 1991 akan selalu dikenang sebagai terakhir kalinya Indonesia merasakan manisnya medali emas SEA Games. Itu juga menjadi pencapaian terbaik sepakbola Indonesia di ajang internasional, yang belum pernah terulang hingga SEA Games 2019.

Saat berjaya di SEA Games 1991, Indonesia diperkuat nama-nama yang di kemudian hari jadi legenda. Salah satunya sang penjaga gawang, Eddy Harto.

Eddy Harto mencuat ke level atas sepakbola Indonesia setelah membela PSMS Medan di Piala Soeratin. Kemudian, mendapatkan panggilan timnas junior yang mengikuti sebuah ajang internasional di Filipina. Status kiper muda timnas junior jadi pembuka jalan berkarier di Galatama dengan Arseto Solo.

Sempat cedera pergelangan tangan, Eddy Harto pindah ke klub Galatama lainnya, Kramayudha Tiga Berlian. Keputusan itu tepat karena karier Eddy Harto sebagai kiper papan atas Indonesia semakin bersinar.

Tampil cemerlang bersama Kramayudha Tiga Berlian, Eddy Harto menjadi langganan timnas Indonesia. Dia masuk tim Kualifikasi Piala Dunia 1990. Kemudian, terpilih membantu Anatoli Polosin di SEA Games 1991. Saat itu, SEA Games adalah ajang senior, berbeda dengan sekarang yang tim U-22.

SEA Games 1991 benar-benar jadi panggung Eddy Harto. Sepanjang turnamen Eddy Harto hanya kebobolan 2 gol dalam waktu normal.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Indonesia mengalahkan Thailand lewat adu penalti 4-3. Kemenangan Indonesia ditentukan oleh aksi heroik Eddy Harto yang menggagalkan tendangan penalti Pairote Pongjan.

Sebelum final, Eddy Harto juga jempolan di semifinal melawan Singapura. Dia tampil tangguh selama 120 menit tanpa kebobolan. Laga akhirnya dilanjutkan adu penalti. Kesigapan Eddy Harto terbukti membawa Indonesia menang 4-2.

Jadi, jika timnas U-22 memasang target medali emas SEA Games 2023, penjaga gawang dengan kualifikasi seperti Eddy Harto wajib hukumnya. Apakah itu Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, atau Daffa Fasya.
 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network