Bukan Piala Dunia U-17 2023, Fokus PSSI saat Inì Bebas Sanksi FIFA

"Langkah yang benar, terpenting Indonesia masih bisa ikut kompetisi internasional dahulu."

Berita | 04 April 2023, 13:34
Bukan Piala Dunia U-17 2023, Fokus PSSI saat Inì Bebas Sanksi FIFA

Libero.id - Ketua PSSI, Erick Thohir, belum mau membicarakan soal peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, setelah FIFA mencoret Peru.

Beberapa hari setelah mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, kini FIFA resmi membatalkan Piala Dunia U-17 2023 yang sedianya digelar di Peru, Senin (3/4/2023) malam WIB.

Dalam sebuah pernyataan resmi, FIFA menyebut keputusan menyesakkan ini dibuat menyusul diskusi panjang dengan Federasi Sepak Bola Peru.

"FIFA dengan menyesal telah mencabut hak tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U-17 2023 setelah diskusi ekstensif antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF)," bunyi pernyataan FIFA.

Rumor pun berkembang, apakah Indonesia punya peluang untuk menjadi tuan rumah pengganti.

Piala Dunia U-17 2023 akan tetap digelar sesuai jadwal, yakni November hingga Desember 2023. Saat ini, FIFA tengah mencari pengganti Peru.

Kepada awak media, Erick Thohir menyatakan bawah PSSI saat ini fokus melobi FIFA mengenai sanksi setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Ini masih ada sanksi, pengalaman saya sebagai yang sudah paham dengan sepak bola internasional, di Inter Milan soal Financial Fair Play. Saya punya hubungan dekat dengan Gianni Inffantino (Presiden FIFA). Akan tetapi tidak semudah itu, tetap dihukum klub saya, pemain dikurangi, tak bisa register. Ada prosesnya. Jadi ya tidak semudah itu," ujarnya.

"Ketika saya datang ke sini, menyamakan persepsi. Yang saya jelaskan hari ini proses," lanjutnya.

Pada hari yang sama Erick berangkat menuju Paris untuk bersua sejumlah petinggi FIFA. Ia bakal melakukan lobi agar Indonesia terhindar terkena sanksi karena gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Setahap demi setahap. Fokus utama menghindari sanksi terlebih dahulu."

Hampir empat tahun lamanya Indonesia mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Kini semua yang sudah dipersiapkan matang berakhir sia-sia.

Indonesia harus gigit jari lantaran FIFA selaku induk organisasi sepak bola dunia mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Penyebabnya karena penolakan masif dari sejumlah kalangan terkait keikutsertaan Timnas Israel U-20 di turnamen tersebut.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network