Piala Asia 2023 Jadi Fokus Selanjutnya, STY Wajib Coret Beberapa Pemain Ini

"Pencoretan pemain jelas memiliki beberapa pertimbangan..."

Berita | 12 January 2023, 03:09
Piala Asia 2023 Jadi Fokus Selanjutnya, STY Wajib Coret Beberapa Pemain Ini

Libero.id - Skuad Garuda kembali gagal pada pergelaran Piala AFF 2022 dan ada beberapa pemain yang menjadi sorotan, bukan karena permainannya yang baik, justru karena penampilannya yang buruk.

Kini fokus tim asuhan Shin Tae-yong tertuju pada Piala Asia 2023. Turnamen bergengsi se-Asia itu rencananya bakal bergulir di Qatar, yang disebutkan bakal berlangsung awal tahun 2024 mendatang.

Meski sampai saat ini belum jadwal pasti kapan akan bergulir, Shin Tae-yong jelas harus mempersiapkan tim lebih dini. Sebab itu, juru taktik asal Korea Selatan tersebut wajib mempertimbangkan pemain yang akan dipanggil mentas di Piala Asia 2023.

Mengenai itu, sejumlah pemain yang sebelumnya berlaga di Piala AFF 2022 dinilai tidak cukup greget, bahkan cenderung melempem. Tak heran jika sejumlah pemain besar kemungkinan akan dicoret dari skuad Garuda nantinya. Lantas, siapa pemain yang dimaksud?

Berikut beberapa pemain yang layak dicoret dari Skuad Garuda:

4. Hansamu Yama

4 pemain Timnas Indonesia yang layak dicoret jelang Piala Asia 2023 dimulai dari Hansamu Yama. Ya, pemain Persija Jakarta ini tak banyak dapat menit bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong selama mentas di Piala AFF 2022.

Bahkan, bek 27 tahun ini hanya bermain sekali saat Timnas Indonesia bersua Brunei Darussalam di laga fase Grup A. Buruknya, Hansamu Yama menyiakan kesempatan mencetak gol, meski sudah berada di depan gawang tanpa pengawalan!

3. Muhammad Rafli

Kemudian, ada Muhammad Rafli yang dianggap tidak layak untuk berlaga kembali bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Alasan kuatnya, Muhammad Rafli tak begitu tajam di lini serang Timnas Indonesia.

Ketika ia diturunkan ke lapangan, ia tak membawa banyak perubahan bagi Timnas Indonesia. Bahkan, Muhammad Rafli sangat minim kontribusi. Banyak yang beranggapan jika Muhammad Rafli yang sering dipanggil Timnas Indonesia gagal beradaptasi dengan gaya permainan skuad Garuda.

2. Ricky Kambuaya

Selanjutnya ada nama Ricky Kambuaya yang nampaknya layak keluar dari daftar pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dari catatan sebelumnya di Piala AFF 2022, Ricky Kambuaya mlempem dan lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan.

Sebanyak enam kali Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022, Ricky Kambuaya hanya bermain penuh dalam dua pertandingan saja, yaitu melawan Filipina dan Kamboja, tanpa kontribusi gol atau assist.

1. Ilija Spasojevic

Di posisi pertama pemain Timnas Indonesia yang layak dicoret jelang Piala Asia 2023 adalah Ilija Spasojevic. Ya, pemain naturalisasi yang kini membela Bali United ini memiliki performa yang kurang memuaskan selama Piala AFF 2022.

Ilija Spasojevic memang tampik apik di Liga 1 2021-2022, bahkan menjadi top skor saat itu. Namun, ia kesulitan beradaptasi dengan penggawa Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Striker berdarah Montenegro ini hanya berhasil menyumbang satu gol dan satu assist yang tercipta saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Brunei Darussalam. Kedepannya, mungkin Shin Tae-yong akan mengganti striker berusia 35 tahun ini, dengan penyerang haus gol lainnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network