15 Nama, Tempat, dan Istilah yang Terinspirasi dari Johan Cruyff

"Dari nama jalan, kampus, stadion hingga nama asteroid. Edan."

Feature | 15 August 2020, 13:43
15 Nama, Tempat, dan Istilah yang Terinspirasi dari Johan Cruyff

Libero.id - Reputasi Johan Cruyff di sepak bola tidak perlu diragukan. Kehebatan Legenda Belanda itu sudah diakui di seluruh penjuru bumi. Baik saat masih aktif sebagai pemain maupun ketika menjadi pelatih, sosok yang identik dengan nomor punggung 14 itu mempunyai prestasi membanggakan. 

Selama bertahun-tahun, Cruyff adalah salah satu figur yang menjadi penggagas strategi Total Football saat masih aktif membela tim nasional Belanda pada 1966-1977. Meski hanya mencapai runner-up Piala Dunia 1974 dan posisi ketiga Euro 1976, Cruyff tetap dianggap sebagai salah satu legenda sepak bola dunia.

Ketika beralih profesi menjadi pelatih, nama Cruyff harum. Dia adalah pelatih yang menjadi penyumbang trofi Liga Champions perdana Barcelona. Berkat Cruyff, Akademi Barcelona (La Masia) memiliki kurikulum hebat yang melahirkan banyak pesepakbola hebat di kemudian hari.

Untuk menghormati jasa-jasanya, banyak institusi, klub, hingga asosiasi sepak bola menggunakan nama Cruyff untuk penamaan lokasi atau bangunan. Berikut ini 15 nama diantaranya.

1. Cruyff Turn

Trik dribbling ala Cruyff. Trik ini terkenal setelah digunakan Cruyff pada Piala Dunia 1974. Pertama kali terlihat dalam pertandingan Belanda melawan Swedia dan segera ditiru secara luas oleh pemain-pemain lain.

2. Johan Cruyff Shield

Libero.id

Johan Cruyff Shield. Kredit: staging219.knvb.com

Nama trofi yang diberikan kepada pemenang pertandingan Erevidisie versus Piala KNVB. Ajang yang dikenal sebagai Piala Super Belanda ini lebih mirip Community Shield di Inggris.

3. Johan Cruyff Award atau Johan Cruyff Trophy

Penghargaan pemain muda terbaik di Belanda (di bawah usia 21 tahun). Digelar sejak 1984, Johan Cruyff Award diganti menjadi Johan Cruyff Trophy pada 2003.

4. 14282 Cruijff

Nama asteroid yang diberikan International Astronomical Union (IAU) pada 23 September 2010. Penemu asteroid itu mengaku sangat menggemari sepakbola dan mengidolakan Cruyff.

5. Johan Cruyff Institute

Libero.id

johancruyffinstitute.com

Lembaga yang memiliki konsentrasi pada manajemen olahraga. Sekolah tinggi yang digagas Cruyff itu berdiri di lima kota, di lima negara berbeda, yaitu Barcelona (Spanyol), Amsterdam (Belanda), Stockholm (Swedia), Lima (Peru), Mexico City (Meksiko). Johan Cruyff Institute juga memiliki jenjang pascasarjana, pendidikan khusus, akademi, serta sekolah kejuruan.

6. Johan Cruyff Foundation

Didirikan pada 1997, yayasan ini dibentuk untuk menampung dan menyalurkan bakat anak-anak yang kurang beruntung di seluruh dunia agar memiliki kehidupan yang lebih baik saat dewasa. Sepakbola dan pendidikan formal menjadi cara yayasan untuk membantu anak-anak itu.

7. Johan Cruyff Academy

Lembaga yang memberikan kesempatan kepada para atlet  untuk memiliki keseimbangan karier di olahraga dan pendidikan. Akademi ini memiliki program 4 tahun untuk gelar Sarjana Ekonomi di bidang Marketing Olahraga dan Bisnis. Johan Cruyff Academy didirikan di Amsterdam, Groningen, dan Tilburg.

8. Johan Cruyff College

Kampus yang menawarkan atlet-atlet elite dari semua jenis olahraga sebuah kesempatan untuk menyeimbangkan antara kegiatan olahraga dengan pendidikan kejuruan. Program dari Johan Cruyff College dirancang untuk siswa yang berlatih olahraga di level tertinggi di Belanda dan disampaikan dalam Bahasa Belanda. Ada lima kampus, yaitu Amsterdam, Enschede, Groningen, Nijmegen, dan Roosendaal.

9. Cruyff Court

Nama untuk lapangan sepak bola kecil yang digunakan untuk permainan 7 lawan 7 (seven-a-side game). Cruyff Court banyak dijumpai di kota-kota besar di Belanda dan Eropa, yang memiliki sedikit ruang untuk bermain sepakbola.

10. Cruyff Classics

Merek pakaian olahraga yang digagas Cruyff. Produk ini tersebar di banyak toko pakaian di Belanda dan Eropa. Banyak pesepakbola ternama Benua Biru pada masa lalu yang menggunakan produk-produk Cruyff.

11. Cruyffian School of Football

Dikenal sebagai Bercelona-Ajax School atau Barcajax School, ini adalah sebuah sistem pelatihan dan permainan sepakbola yang diilhami oleh Total Football yang diletakkan dasar oleh Cruyff dan disempurnakan Pep Guardiola saat melatih Barcelona pada 2008-2012.

12. Cruijffiaans

Istilah yang diberikan untuk cara berbicara atau kumpulan ucapan yang terkenal setelah diucapkan Cruyff, terutama satu kalimat yang melayang di suatu tempat antara yang brilian dan yang dangkal. Biasanya menggunakan Bahasa Belanda.

13. Cruyffista

Aliran ilmu sepakbola yang mengikuti pemikiran dan cara bermain Cruyff. Istilah ini populer di kalangan tokoh-tokoh sepakbola di Spanyol. Beberapa Cruyffista terkenal termasuk Joan Laporta, Pep Guardiola, Xavi Hernandez, Luis Enrique, Ronald Koeman, Frank Rijkaard, Dennis Bergkamp, Roberto Martinez, Oscar Garcia, Quique Setien, Arsene Wenger, dan Juergen Klinsmann.

14. Estadi Johan Cruyff

Stadion mini baru milik Barcelona yang digunakan untuk pertandingan-pertandingan tim junior, tim cadangan, dan tim wanita. Stadion sepakbola berkategori Bintang 3 UEFA tersebut terletak di Sant Joan Despi dan berkapasitas 6.000 kursi.

15. Johan Cruyff Arena

Libero.id

Kredit: johancruyffarena.nl

Dulu bernama Amsterdam Arena. Itu adalah stadion kandang Ajax Amsterdam. Berkapasitas 55.500 kursi, Johan Cruyff Arena memiliki atap yang bisa dibuka-tutup. Selain Ajax, tim nasional Belanda juga sering memainkan pertandingan di tempat itu.

16. Jln. Johan Cruyff

Menjadi nama jalan di sebuah desa di Tarragona bernama Vallfogona de Riucorb. Lokasinya masih di Katalunya berjarak 115 km sebelah barat dari pusat kota Barcelona. Penduduk desa itu sangat mengagumi Cruyff.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network