Kasihan, Pelatih Timnas Nigeria Belum Digaji Selama 6 Bulan

"Capek-capek melatih cuma dibayar 'angin'"

Berita | 02 November 2022, 17:00
Kasihan, Pelatih Timnas Nigeria Belum Digaji Selama 6 Bulan

Libero.id - Industri sepakbola sudah berkembang sedemikian rupa, namun kabar mengenai gaji pekerja didalamnya baik itu pemain ataupun pelatih ternyata masih saja ada.

Dan yang paling sering dibicarakan belakangan ini adalah nasib Jose Peseiro, pelatih Timnas Nigeria yang mengaku  belum menerima sepeser pun gajinya sebagai juru taktik sejak ditunjuk pada Mei 2022 lalu. Alias sudah setengah tahun.

Lebih tepatnya Peseiro ditunjuk menjadi pelatih kepala Timnas Nigeria sejak 16 Mei 2022, menggantikan posisi pelatih sementara Augustine Eguavoen usai pemecatan Gernot Rohr pada Desember 2021 lalu.

Namun pelatih asal Portugal itu tetap bertahan  untuk melatih Victor Osimhen dan rekan-rekan. Ia pun mengajukan aduan secara resmi kepada Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF).

Menanggapi hal tersebut, NFF berkelit dan mengatakan bahwa gaji Peseiro sebenarnya berasal dari Kementerian Olahraga Nigeria. NFF pun menyebut pihaknya akan segera merampungkan masalah tersebut.

"Gajinya dibayar oleh Kementerian Olahraga, tetapi kami akan membuat skema alternatif, bersama dengan Kementerian untuk melakukan pembayaran gaji minggu ini," ucap seorang pejabat NFF kepada BBC Sport Afrika, Selasa (1/11).

Di lain pihak, Kementerian Olahraga Nigeria juga berkilah bahwa tertundanya gaji untuk Peseiro merupakan imbas dari lamanya kucuran dana dari pemerintah federal. Dan itu akan coba dituntaskan dalam waktu dekat.

"Masalah pembayaran Peseiro akan segera diselesaikan dengan pemahaman federasi dan pelatih. Semuanya sedang dikerjakan dan kami cukup yakin bahwa itu akan segera selesai,"

Sebetulnya Peseiro bukan pelatih pertama yang alami penunggakan gaji saat melatih Super Eagles. Sebelumnya, ada sejumlah pelatih juga yang mengalami hal pahit serupa.

Laporan dari BBC menyebut setidaknya ada 8 pelatih yang mengalami kasus serupa, antara lain Christian Chukwu, Augustine Eguavoen, Samson Siasia, Sunday Oliseh, Florence Omagbemi, Shaibu Amodu dan juga Stephen Keshi.

Tidak bisa dibayangkan kalau hal tersebut terjadi pada Shin Tae-yong.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network