Dikira Wanita, Kapten Timnas Zambia Ternyata Memiliki Hormon Dominan Pria

"Pernah cetak hat-trick beruntun di Olimpiade. Kini hasil tes membuatnya gagal main di Piala Afrika Wanita 2022."

Berita | 07 July 2022, 14:02
Dikira Wanita, Kapten Timnas Zambia Ternyata Memiliki Hormon Dominan Pria

Libero.id - Piala Afrika Wanita 2022 sedang berlangsung di Maroko sejak 2–23 Juli mendatang. Saat ini babak penyisihan grup. Dari namanya jelas, turnamen paling bergengsi se Afrika itu diperuntukkan untuk wanita.

Menyangkut hal tersebut, kontroversi tengah meliputi kapten Timnas Zambia Wanita, yakni Barbra Banda, yang harus dipulangkan lantaran hasil tes medis menyatakan fakta berkebalikan.

Banda merupakan pesepakbola berbakat, posisi penyerang dan baru berusia 22 tahun, ia juga merupakan kapten tim, tetapi sebuah tes kelayakan gender telah membuatnya tersingkirkan.

"Semua pemain harus menjalani verifikasi gender, persyaratan CAF [Konfederasi Sepak Bola Afrika], dan sayangnya Banda. tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh CAF," kata Presiden Federasi Sepak Bola Zambia (FAZ), Andrew Kamanga, dilansir dari BBC Sport Africa.

Lebih lanjut, Kamanga menjelaskan bahwa pihaknya dipaksa untuk melakukan tes tersebut oleh CAF. Dan sial tak dapat dicegah.

"Kami federasi dipaksa untuk melakukan tes dan kemudian kami menyampaikan informasi ke CAF, dan CAF, sama-sama, menguji para pemain jika perlu di turnamen. Jadi tidak adil untuk berbalik dan mengatakan CAF bukan bagian tak terpisahkan dari apa pun yang telah terjadi," imbuh Kamanga.

Dalam hasil tes, Banda diketahui memiliki tingkat testosteronnya terlalu tinggi. Diman hormon tersebut bukanlah hormon seks utama bagi wanita, maka secara jumlah harusnya lebih sedikit dari laki-laki. Tapi Banda sebaliknya.

Pelatih Timnas Zambia Wanita, Bruce Mwape, pun tak bisa berbuat apa-apa.  Dan harus merelakan pemain terbaiknya itu absen.

Nama Banda sendiri sempat mencuat lantaran aksi-aksi hebatnya di atas lapangan hijau, ia sempat mencetak hattrick beruntun daat Zambia berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network