Lolos Sebagai Runner-up, Shin Tae-yong: Lawan Kuwait Jadi Kunci

"Dua kali menang satu kali kalah tipis. Tidak buruk.."

Berita | 15 June 2022, 14:07
Lolos Sebagai Runner-up, Shin Tae-yong: Lawan Kuwait Jadi Kunci

Libero.id - Apa yang jadi pembeda saat Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dengan edisi-edisi yang lalu Piala Asia 2007 atau Piala Asia 2004.

Fakta pertama, 15 tahun yang lalu karena Timnas Indonesia tuan rumah jadi sudah otomatis sementara pada 2004 Skuad Garuda diisi oleh pemain-pemain veteran dari kompetisi domestik.

Edisi kali ini, saya Timnas Indonesia benar-benar berjuang.  9 gol dalam 3 laga babak akhir kualifikasi tidak jatuh begitu saja dari langit dan para pemain masih dalam usia muda dan beberapa bahkan bermain di Liga luar negeri.

Omong-omong soal lolosnya Timnas Indonesia kali ini ternyata menurut Shin Tae-yong sudah sesuai dengan rencananya. Jauh-jauh hari sebelum mereka berangkat ke putaran ketiga kualifikasi di Kuwait.

"Semua berjalan sesuai rencana dan, hasilnya, kami melaju ke Piala Asia," kata Shin dilansir dari situs PSSI, setelah matchday terakhir Grup A.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, kunci sukses rencana skuad Garuda adalah kemenangan 2-1 pada laga pembuka saat melawan tuan rumah Kuwait .

Hal itu membuat mental para pemain semakin kuat dan memberikan motivasi dalam menuntaskan semua laga dengan mental pantang menyerah.

"Pada kompetisi seperti kualifikasi ini, penting sekali untuk meraih hasil bagus pada laga perdana. Dan, pemain saya melakukan itu dengan baik. Setelah itu semua bergulir dengan lancar," imbuhnya.

Meski demikian, pria berusia 52 tahun itu mengakui hasil akhir klasemen Grup A bukan rencana utamanya.

Awalnya, Shin Tae-yong menginginkan dua kemenangan dan satu hasil seri di Grup A. Dia mengincar kemenangan dari Kuwait dan Nepal, lalu imbang saat melawan Yordania. Meleset sedikit.

Namun kredit khusus tetap layak diberikan kepada para pemain yang telah bekerja keras dan jajaran pelatih juga doa dan dukungan dari segenap pencinta sepakbola tanah air tentunya.


Dengan dua kali menang dan satu kali kalah. 9 gol dan 2 kebobolan, Marc Klok dan rekan-rekan memastikan diri ke Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik ---- Indonesia hanya kalah baik dari Kirgistan.

Selamat berjuang Skuad Garuda. Terus terbang tinggi.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network