Invasi Rusia Masih Berlanjut, Pele: Tolong Hentikan, Setidaknya Selama 90 Menit

"Hal itu diungkapkan Pele sebelum kemenangan Ukraina atas Skotlandia."

Berita | 02 June 2022, 15:12
Invasi Rusia Masih Berlanjut, Pele: Tolong Hentikan, Setidaknya Selama 90 Menit

Libero.id - Ikon sepak bola dunia, Pele mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghentikan invasinya ke Ukraina.

Legenda hidup Brasil itu mendesak Vladimir Putin untuk menghentikan invasi ke Ukraina, menyebut tindakan negara yang berada di Eropa Timur itu "jahat" dan "tidak dapat dibenarkan".

Pele menyuarakan hal tersebut saat timnas Ukraina yang tengah dilanda perang bersiap untuk  melawan Skotlandia untuk mendapatkan satu tempat di Piala Dunia 2022.

“Hari ini Ukraina mencoba melupakan, setidaknya selama 90 menit, tragedi yang masih melanda negara mereka. Bersaing untuk mendapatkan tempat di Piala Dunia sudah merupakan tugas yang sulit - hampir mustahil sekarang dengan begitu banyak nyawa yang dipertaruhkan, ”tulisnya.

Pele: Perang Ada untuk Memisahkan Negara

“Saya ingin menggunakan pertandingan hari ini sebagai kesempatan untuk mengajukan permintaan: hentikan invasi. Sama sekali tidak ada pembenaran untuk kekerasan yang terus berlanjut ini."

“Konflik ini jahat, tidak dapat dibenarkan dan tidak membawa apa-apa selain rasa sakit, ketakutan, teror, dan penderitaan. Tidak ada alasan untuk itu bertahan lebih lama lagi.”

Secara luas, Pele dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terhebat sepanjang masa dan ia sedikit mengenang pertemuannya dengan presiden Rusia itu beberapa tahun lalu sebelum Piala Dunia 2018 digelar.

“Ketika kami bertemu di masa lalu dan bertukar senyum disertai dengan jabat tangan yang panjang, saya tidak pernah berpikir suatu hari nanti kita akan terpecah seperti sekarang."

“Kekuatan untuk menghentikan konflik ini ada di tangan Anda. Yang sama yang saya guncang di Moskow, pada pertemuan terakhir kami di tahun 2017.”

Pria berusia 81 tahun itu telah terlibat dalam berbagai peranan besar sepanjang hidupnya seperti berperan sebagai duta besar PBB untuk lingkungan, memperjuangkan hak-hak anak dan berbicara menentang rasisme. 

Dan Pele sendiri telah mendirikan sebuah yayasan untuk memberi manfaat bagi anak-anak serta berjuang untuk pengentasan kemiskinan.

Juara dunia tiga kali itu baru-baru ini mengalami beberapa masalah kesehatan, dan keluar masuk rumah sakit untuk pengobatan tumor usus besar dan beberapa penyakit lainnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan




Daun Media Network