Mengapa VAR Batalkan Gol Juventus Lawan Cagliari? Ini Analisisnya

"Seharusnya Juventus bisa meraih kemenangan dengan skor 3-1."

Berita | 10 April 2022, 08:48
Mengapa VAR Batalkan Gol Juventus Lawan Cagliari? Ini Analisisnya

Libero.id - Dalam laga Cagliari vs Juventus pada Minggu dini hari tadi (10/04/2022) WIB, wasit menganulir gol Juventus ke gawang Cagliari karena tendangan Luca Pellegrini mengenai siku Adrien Rabiot, begitu kira-kira keputusan wasit setelah melihat VAR.

Keputusan tersebut memicu kontroversi dan bahkan kemarahan para penggemar di lapangan maupun di media sosial, karena Rabiot melingkarkan lengannya di tubuhnya, posisi yang seharusnya tidak dihitung handball.

Jika Rabiot mempertahankan tembakan tepat sasaran, maka ini akan melihat niat diperhitungkan dan tidak ada penalti yang diberikan untuk bola tangan.

Namun, aturan tetap melarang gol yang dicetak dengan lengan, terlepas dari niat atau jika lengan dalam posisi alami.

Aturan IFAB terbaru memperjelas hal itu, mencatat bahwa itu adalah pelanggaran bola tangan jika seorang pemain mencetak gol di gawang lawan “langsung dari tangan/lengan mereka, bahkan jika tidak disengaja, termasuk oleh penjaga gawang; atau segera setelah bola menyentuh tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja."

“Handball yang tidak disengaja yang menyebabkan rekan setimnya mencetak gol atau memiliki peluang mencetak gol tidak akan lagi dianggap sebagai pelanggaran.”

Menurut aturan IFAB untuk musim 2021/2022, karena itu keputusan yang tepat untuk menganulir gol Juventus.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan




Daun Media Network