Akibat Salah Ketik, Skuad Persela Dinyatakan Positif Covid-19

"Begitu banyak polemik terkait penggunaan tes PCR, sebenarnya apa yang terjadi?"

Berita | 10 February 2022, 15:30
Akibat Salah Ketik, Skuad Persela Dinyatakan Positif Covid-19

Libero.id - Laga pertandingan pekan ke 24 BRI Liga 1 antara Persela Lamongan vs Persebaya Surabaya yang akan dilangsungkan pada Kamis malam (10/02/2022) WIB.

Namun, jelang pertandingan Derby Jatim tersebut justru kabar tidak mengenakkan datang dari Laskar Joko Tingkir.

Pasalnya, usai dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab tes PCR, para skuad dan ofisial tim Persela Lamongan malah kembali dinyatakan kembali positif Covid-19.

Hal ini seperti diungkapkan salah satu ofisial Persela Lamongan, Wijdanu Rahadian alias Ijat dalam akun Instagram pribadinya @danuakram.

Adapun polemik terkait hasil swab tes PCR sendiri juga dikeluhkan beberapa tim lain, salah satunya adalah Persebaya Surabaya.

Persebaya sempat melakukan tes usap mandiri sehari sebelum laga karena tidak yakin dengan hasil uji yang dilakukan LIB.

Menurut manajemen Bajul Ijo, hasil tes usap PCR dari LIB dan mandiri mereka berbeda. 

Dari hasil tes LIB pada 5 Februari 2022, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, Ricky Kambuaya, Alwi Slamat dan Koko Ari dinyatakan positif Covid-19. Namun dalam hasil tes mandiri pada tanggal 6 Februari 2022, kelima pemain tersebut justru negatif.

Sudjarno sendiri mengatakan bahwa tes PCR sebenarnya bisa saja dilakukan secara mandiri, namun semuanya harus berkoordinasi dengan LIB atau Satgas Covid-19.

"Sebelumnya, ada kasus pada dua klub Liga 1 yang sama dengan Persebaya. Ada yang melakukan tes PCR ulang pada pagi dan sore harinya hasil sudah keluar. Pada beberapa nama, tes pada sehari sebelumnya menunjukan positif dan setelah dilakukan tes ulang, hasilnya ada yang negatif. Pemain yang negatif itu pun bisa diturunkan pada laga malam harinya. Ingat, daftar susunan pemain bisa berubah 90 menit sebelum pertandingan setelah berkomunikasi dengan kami" ujar Sudjarno.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network