Dibidik Tim American Football, Leeds United Bisa Jadi Klub Kaya Baru

"Nyusul seperti Newcastle United?"

Berita | 07 December 2021, 17:58
Dibidik Tim American Football, Leeds United Bisa Jadi Klub Kaya Baru

Libero.id - Dilansir dari BBC Radio, San Francisco 49ers memiliki opsi untuk memiliki 100% saham dari kepemilikan Leeds United dan Elland Road pada Januari 2024 mendatang.

Perusahaan investasi waralaba NFL, 49ers Enterprises, tengah mencoba untuk meningkatkan kepemilikan mereka di Leeds menjadi 44% pada November 2021. Dan kini, mereka memiliki kesepakatan untuk mengambil kepemilikan total dengan membayar lebih dari 500 juta Poundsterling.

Pimpinan Leeds United saat ini, Andrea Radrizzani tetap menjadi pemegang saham mayoritas dan perusahaannya Aser memiliki opsi untuk membatalkan kesepakatan.

Namun, diharapkan 49ers akan mengambil kendali sebelum Januari 2024 - meskipun jika opsi itu tidak diaktifkan, kedua belah pihak dapat terus bekerja sama seperti yang telah mereka lakukan sejak 49ers awalnya membeli 10% saham klub pada 2018.

Radrizzani membeli 50% saham di Leeds pada Januari 2017, sebelum mengambil kendali 100% dengan membeli sisa saham dari mantan pemilik bersama Massimo Cellino pada Mei tahun itu.

Pengusaha berdarah Italia itu membeli Elland Road pada Juni 2017 melalui perusahaannya yang berbasis di Singapura, Greenfield Investment, 13 tahun setelah klub terpaksa menjualnya untuk mengurangi utang menyusul degradasi dari papan atas.

Setiap kesepakatan masa depan akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk pengeluaran masa depan dan status liga klub.

Leeds saat ini berada di urutan ke-14 di Liga Premier setelah 15 pertandingan, setelah finis di urutan kesembilan musim lalu di musim pertama mereka kembali di papan atas sejak musim 2003/2004.

Wakil ketua Leeds, Paraag Marathe, presiden 49ers Enterprises, mengatakan kepada BBC Sport pada Mei bahwa penggemar harus "mempercayai niat" investor klub Amerika menyusul keterlibatan tiga tim Liga Utama AS di Liga Super Eropa yang gagal.

Marathe mengatakan rencana 49ers itu "murni" (bukan alasan politis ataupun bisnis) dan berjanji untuk menjadikan Leeds sebagai "salah satu klub terbesar di dunia". Ia menambahkan mereka berencana untuk mempertahankan Elland Road, tetapi memodernisasi dan meningkatkan kapasitas stadion.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Leeds United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network