Indra Sjafri Ajak Pratama Arhan dan Elkan Baggott ke SEA Games 2023

"Kemungkinan besar akan sulit terealisasi.."

Analisis | 25 February 2023, 16:48
Indra Sjafri Ajak Pratama Arhan dan Elkan Baggott ke SEA Games 2023

Libero.id - Indra Sjafri memastikan segera mengumpulkan pemain-pemain terbaik Indonesia berusia 22 tahun ke bawah untuk direkrut ke SEA Games 2023. Direktur Teknik PSSI itu juga mengincar beberapa pemain muda yang merumput di luar negeri seperti Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

Tidak seperti SEA Games edisi sebelumnya yang selalu digelar pada akhir tahun, pesta olahraga Asia Tenggara di Kamboja tahun ini diselenggarakan pada pertengahan tahun  (5-17 Mei 2023). Ini hanya berselisih beberapa hari dengan Piala Dunia U-20 2023 (20 Mei-11 Juni 2023).

Dengan situasi itu, PSSI telah memutuskan Shin Tae-yong fokus ke Piala Dunia U-20 dan Indra Sjafri hadir di SEA Games. Shin Tae-yong dan Indra Sjafri juga sudah sepakat bahwa tidak akan ada pemain timnas U-20 yang akan dipanggil mengikuti pemusatan latihan timnas U-22.

Untuk menyiasati hal tersebut, Indra Sjafri mengaku akan memantau pemain-pemain Liga 1 dan Liga 2 kelahiran 2001, 2002, 2003. Itu termasuk beberapa pesepakbola muda yang sudah bermain di timnas senior seperti Witan Sulaeman (Persija Jakarta) dan Ramadhan Sananta (PSM Makassar).

"Witan juga. Pokoknya, skuad Piala Dunia U-20 2021 yang batal, itu bakal menjadi skuad utama timnas U-22 di SEA Games 2023," ujar Indra Sjafri kepada awak media.

Tidak hanya itu, Indra Sjafri juga berharap bisa menggunakan pemain-pemain yang berbasis di luar negeri seperti Pratama Arhan (Tokyo Verdy) dan Elkan Baggott (Ipswich Town).

Mudah? Tentu saja tidak! Sebab, SEA Games bukan agenda FIFA sehingga butuh pendekatan khusus dengan klub yang bersangkutan. "Saya sudah mulai berkomunikasi dengan klub Arhan. Soal Baggott, semuanya kami coba dan upayakan," tambah mantan pelatih timnas U-19 itu.

SEA Games 2023 memang berbeda dengan SEA Games 2021. Selain waktu, kompetisi kali ini juga diputuskan tanpa pemain senior. Kemudian, penurunan usia dari 23 tahun ke 22 tahun. Aturan itu membuat Indra Sjafri kesulitan karena seharusnya yang dibawa adalah pemain-pemain Piala Dunia U-20 2023.

Jadi, kemungkinan besar Indra Sjafri baru akan menggelar pemusatan latihan timnas U-22 gelombang pertama pada awal Maret 2023, dengan diisi oleh pemain-pemain dari Liga 2. Selain itu, Indra Sjafri juga memastikan bakal menyertakan bek Persebaya Surabaya, Rizky Ridho, dan striker PSM Makassar, Ramadhan Sananta.

"Akan ada tambahan pemain baru seperti Sananta dan pemain-pemain baru yang sebelumnya belum terpantau," tutup Indra Sjafri.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network