Apa Kabarnya? Starting XI Bilbao Asuhan Bielsa di Final Liga Europa 2011/2012

"Tim hebat yang kurang beruntung pada pertandingan besar yang menentukan."

Biografi | 21 November 2021, 03:01
Apa Kabarnya? Starting XI Bilbao Asuhan Bielsa di Final Liga Europa 2011/2012

Libero.id - Marcelo Bielsa merupakan salah satu pelatih sepakbola terbaik di muka bumi. Berkat kejeniusannya, dia dijuluki "El Loco" atau "Si Gila".

Pelatih asal Argentina itu saat ini masih aktif di bench dan sedang meramaikan sepakbola Inggris seusai berhasil membawa Leeds United promosi pada akhir musim 2019/2020. Meski musim ini terseok-seok, Bielsa tetap dianggap bisa mengembalikan The Whites ke jalur yang benar. 

Keyakinan itu bukan asal ucap. Pasalnya, jauh sebelum di Leeds, dia pernah membuat gelombang mengejutkan di La Liga. Ketika musim pertamanya sebagai pelatih di Athletic Bilbao, tim asal Basque itu finish di urutan 10, dan mampu mencapai final Liga Europa sekaligus Copa del Rey.

Los Leones melaju ke final Liga Europa setelah meraih kemenangan atas Paris Saint-Germain (PSG) di semifinal. Mereka juga sempat mengalahkan Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson dan menumbangkan Schalke dengan Raul Gonzalez dan Klaas Jan Huntelaar.

Sial, Bilbao mendominasi penguasaan bola dan menciptakan peluang di final melawan Atletico Madrid. Tapi, mereka dihukum tiga gol tanpa balas. Bilbao menyerah 0-3 dalam final sesama klub La Liga.

Pertanyaannya, bagaimana kabar pemain-pemain itu sekarang? Berikut ini starting line-up Bilbao asuhan Bielsa pada pertandingan tersebut:


GK: Gorka Iriazoz

Iriazoz kembali ke Bilbao pada 2007 dan menghabiskan 10 tahun di klub itu. Dia membuat 315 penampilan liga sebelum mengakhiri karier di Girona. Ini adalah penjaga gawang adalah pilihan pertama sampai musim terakhirnya di Bilbao. Dia baru dicadangkan setelah Kepa Arrizabalaga muncul.


RB: Andoni Iraola

Iraola adalah pemain Basque lainnya. Bek kanan ini membuat lebih dari 400 penampilan dalam 12 tahun di Bilbao dan sekarang menjadi pelatih Rayo Vallecano. Iraola baru-baru ini kembali ke San Mames. Tim asuhannya tampil impresif untuk mencatatkan kemenangan 2-1 melawan klub tempat dia menorehkan namanya sebagai pemain.


CB: Javi Martinez

Ini sebuah nama yang akan akrab bagi banyak orang. Martinez adalah pemain yang menonjol untuk Bilbao. Dia tampil mengesankan di lini pertahanan maupun lini tengah. Penampilannya sebagai bek tengah di bawah Bielsa meyakinkan Bayern Muenchen untuk membayar klausul pembelian 36 juta pounds (Rp690 miliar). Itu membuatnya menjadi rekor transfer Bundesliga.

Tapi, cedera menjangkiti mantan pemain nasional Spanyol itu selama sembilan tahun di Bayern. Lalu, dia meninggalkan Jerman ke Qatar SC pada 2021.


CB: Fernando Amorebieta

Amorebieta berkembang melalui akademi. Dan, setelah lebih dari 200 penampilan dalam seragam Bilbao, dia memutuskan bergabung dengan Fulham dengan status bebas transfer pada 2013.

Dia dikenal sebagai bek agresif yang menyukai kartu merah. Dia kemudian juga bermain untuk Middlesbrough, Sporting Gijon, Independiente, hingga Cerro Porteno sebelum pensiun pada tahun 2020. Pria berusia 36 tahun itu kini kembali ke Cerro Porteno, bekerja sebagai asisten teknis.


LB: Jon Auttenetxe (Ibai Gomez, 45)

Aurtenetxe dipromosikan ke tim utama oleh Bielsa pada awal musim 2011/2012 dan tampil 54 kali di semua kompetisi musim itu. Dia mencetak gol penting tandang di Sporting Lisbon pada semifinal, yang berarti Bilbao memimpin agregat.

Setelah kepergian Bielsa, dia tidak disukai dan kemudian melakukan tur keliling divisi bawah Spanyol. Pemain berusia 29 tahun itu bahkan sempat bermain di Dundee dan sekarang berada di Divisi II Polandia bermain untuk Miedz Legnica.

Sementara Gomez memiliki dua waktu tinggal singkat di Bilbao dan tiga tahun di Deportivo Alaves. Dia sekarang berstatus agen bebas setelah hanya tampil dua kali untuk Bilbao pada 2020-21.


MF: Ander Iturraspe (Inigo Perez, 45)

Iturraspe membuat lebih dari 230 penampilan untuk Bilbao dalam lebih dari 11 tahun dan membuktikan dirinya sebagai Legenda klub. Gelandang bertahan ini menghabiskan satu musim di Espanyol pada 2019/2020. Tapi, hanya membuat 18 penampilan di semua kompetisi sebelum dilepas.

Sementara Perez, yang masuk pada babak pertama di final. Kemudian, dia mengakhiri kontraknya dengan Bilbao pada 2014 dan telah menghabiskan tiga tahun terakhir bersama Osasuna.


MF: Ander Herrera (Gaizka Toquero, 63)

Penampilan Herrera di Liga Europa, termasuk di Old Trafford di fase knock-out, menarik perhatian Manchester United. Mereka mengejarnya, dan akhirnya mendaratkannya dengan harga sekitar 30 juta pounds (Rp575 Juta).

Gelandang itu menjadi sosok yang populer di MU, terutama setelah penampilannya yang efektif membungkam Eden Hazard, dengan mengikutinya sepanjang pertandingan. Dan, setelah lima tahun di Inggris, dia memutuskan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer pada 2019 dan sekarang bermain bersama Neymar serta Lionel Messi.

Sementara Toquero membuat 207 penampilan untuk Bilbao, sebelum pensiun setelah bermain di Alaves dan Real Zaragoza.


RW: Oscar de Marcos

Salah satu dari dua starter yang masih bertahan di klub, De Marcos direkrut dari rival lokal Alaves saat masih remaja dan akan membuat penampilan ke-400 untuk klub pada 2020.

Kekuatannya adalah keserbagunaannya. Dia mampu bermain di lini tengah, sebagai penyerang atau bahkan sebagai bek sayap. Dan, pemain berusia 32 tahun tersebut mencetak gol ke gawang Barcelona dalam kemenangan final Supercopa de Espana 2021.


AM: Markel Susaeta

Susaeta membuat 507 penampilan dan mencetak 57 gol untuk Bilbao dan telah merencanakan untuk bermain di  San Mames untuk  seluruh kariernya. Tapi, dia dibebaskan setelah perselisihan dengan klub pada 2019 dan akan menjalani masa-masa singkat di Jepang dan Australia sebelum pensiun pada 2021.


LW: Iker Muniain

Ini starter lain yang masih bertahan di Bilbao. Muniain  bergabung dengan skuad utama dari akademi di usia muda dan telah membuat lebih dari 450 penampilan, meski baru berusia 28 tahun. Dia pernah dijuluki "Messi dari Spanyol" karena gaya permainan dan tekniknya. Kemungkinan, dia akan mengakhiri karier sebagai one club man.


FW: Fernando Llorente

Targetman yang mengesankan ini menjadi sosok penting di tim Bielsa. Dia mencetak tujuh gol Liga Europa musim itu. Setelah banyak minat transfer, dia meninggalkan Basque dengan status bebas transfer ke Juventus pada 2013 dan akan bermain untuk Sevilla, Swansea City, Tottenham Hotspur, serta Napoli. 

Pemain berusia 36 tahun itu sekarang membela Eibar di Segunda Division.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network