Peringkat 5 Pelatih Terburuk Barcelona

"Xavi Hernandez apa bakal mengikuti jejak nomor 2."

Analisis | 17 November 2021, 03:13
Peringkat 5 Pelatih Terburuk Barcelona

Libero.id - Naik-turunnya kualitas klub bergantung kepada siapa pelatihnya. Juru taktik ini punya peran vital, mulai membangun skuad utama hingga membuat strategi permainan yang cocok dengan gaya bermain klub.

Ketika klub tidak lagi menemukan pelatih yang berjodoh dengan mereka, klub bisa saja kehilangan ciri khas permainannya. Hal itulah yang dialami Barcelona.

Ketika Pep Guardiola pergi dari  Barcelona pada musim panas 2012, klub gagal menemukan pengganti yang cocok untuk pelatih asal Spanyol itu. Guardiola bisa dibilang mengumpulkan trofi terbesar abad ke-21, memimpin Barcelona meraih enam gelar pada 2009.

Di bawah asuhannya, Blaugrana menjadi klub Eropa pertama yang melakukannya.

Namun, sejak kepergian Guardiola, Barcelona seperti gagal menemukan pengganti tepat, yang cocok dengan gaya permainan klub. Barcelona telah menunjuk sembilan pelatih berbeda, tetapi gagal menemukan pengganti jangka panjang.

Mencoba mengakhiri kesialan itu, Barcelona baru-baru ini mengumumkan penunjukan mantan pemain mereka, Xavi Hernandez, sebagai pelatih baru hingga 2024.

Barcelona memanggil Xavi setelah memecat Ronald Koeman yang tidak lagi bisa diandalkan. Di bawah asuhan Xavi yang pernah bermain bersama Blaugrana selama enam musim, fans berharap Xavi bisa mengembalikan ciri khas permainan mereka.

Koeman dianggap menjadi salah satu pelatih terburuk yang pernah dimiliki Blaugrana. Pada catatan itu, mari kita lihat 5 pelatih terburuk dalam sejarah Barcelona.

5. Radomir Antic

Radomir Antic ditunjuk sebagai pelatih Barcelona selama empat bulan sebelum akhirnya digantikan Frank Rijkaard.

Meskipun tidak adil menilai Antic selama masa jabatan yang singkat, tapi dia memiliki catatan buruk sebagai pelatih Barcelona. Mantan pemain timnas Yugoslavia itu memiliki persentase kemenangan terburuk (50%) oleh pelatih Barcelona mana pun yang telah mengawasi setidaknya lima pertandingan abad ini.

Antic ditunjuk sebagai pelatih Barcelona di pertengahan musim 2003/2004, dengan klub tersebut menempati urutan ke-15 di La Liga. Tak heran, Antic gagal meraih trofi selama karier sebagai pelatih di Camp Nou.

Dia kemudian digantikan oleh Rijkaard yang legendaris di akhir musim. Selama 24 pertandingan sebagai pelatih Barcelona, Antic memenangkan 12 pertandingan, seri delapan kali, dan kalah empat kali.

4. Ronald Koeman

Ronald Koeman yang baru saja dipecat meninggalkan Barcelona sebagai pelatih dengan rekor kemenangan terburuk dalam hampir dua dekade. Pelatih asal Belanda itu mengambil alih kendali di Camp Nou pada musim panas 2020 dari Quique Setien, dengan klub compang-camping baik di dalam maupun di luar lapangan.

Koeman melakukan pekerjaan yang tidak menyenangkan untuk menghidupkan kembali Barcelona di tengah krisis keuangan, dan harus berurusan dengan Lionel Messi yang tidak bahagia. Pemain asal Argentina itu sudah menyerahkan permintaan transfer jelang musim 2020/2021.

Koeman melakukan pekerjaan yang layak untuk memantapkan armadanya, tetapi kepergian Messi pada musim panas 2021 mengungkap kekacauan keuangan Barcelona.

Pelatih asal Belanda itu tidak pernah bisa menjaga pasukannya tetap bersatu dan bahagia setelah kepergian bintang mereka, dan mau tidak mau menghadapi pemecatan.

Selama 14 bulan masa jabatannya di klub, Koeman menjadi pelatih Barcelona kedua dalam sejarah yang kehilangan tiga El Clasico pertamanya. Pemain asal Belanda itu memiliki persentase kemenangan yang rendah, sebesar 58% - terendah sejak Radomir Antic pada musim 2002/2003.

Koeman kemudian hengkang dari Barcelona dengan catatan 39 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 16 kekalahan dari 67 laga yang dilakoninya.

3. Gerardo Martino

Gerardo 'Tata' Martino ditunjuk sebagai pelatih Barcelona jelang musim 2013/2014. Mantan pelatih Newell's Old Boys itu mendapatkan reputasi sebagai salah satu manajer paling berbakat dalam permainan selama waktunya di liga domestik Argentina.

Martino sangat mengesankan, sehingga Barcelona memutuskan untuk tidak mempromosikan seorang manajer dari junior set-up untuk memberikan pria Argentina itu kesempatan untuk membuktikan dirinya di panggung terbesar.

Namun, hal-hal tidak berjalan sesuai dengan naskah untuk Barcelona, meski Martino menjalani awal yang baik ketika melatih di Camp Nou.

Pada awal musim 2013/2014, Barcelona berada di posisi terdepan di tabel La Liga. Mereka bersaing untuk treble kontinental. Bagaimanapun, terurai agak cepat di paruh kedua musim.

Barcelona membuang keunggulan mereka untuk memberi Atletico Madrid gelar liga pertama mereka dalam hampir 20 tahun. Blaugrana juga tersingkir dari Liga Champions di perempat final musim itu, kalah agregat 2-1 dari Atletico Madrid.

Setelah tugasnya selama setahun sebagai pelatih Barcelona, Martino mengatakan dalam sebuah wawancara.

"Tugas saya di Barca adalah kegagalan total. Biasanya kegagalan berarti tidak menang. Pandangan saya tentang itu berbeda. Jika Barca memainkan gaya mereka sendiri tetapi tidak memenangkan gelar, itu tidak akan menjadi kegagalan. Tapi, kami tidak menang, dan kami juga tidak bermain bagus," katanya.

2. Laszlo Kubala

Laszlo Kubala adalah salah satu pemain terhebat yang pernah mengenakan seragam Barcelona di abad ke-20, hingga memenangkan 13 trofi utama. Barcelona merayakan karier bermain Kubala yang luar biasa dengan memasang patung perunggu dirinya yang menjulang tinggi tepat di luar Camp Nou.

Dalam 212 penampilan resmi untuk Barcelona, mantan pemain timnas Spanyol kelahiran Hungaria itu mencetak 146 gol. Kubala juga memenangkan empat gelar liga dan lima piala domestik selama 11 tahun di Barcelona.

Namun, kesuksesannya sebagai pemain tidak menjamin suksesnya sebagai pelatih, karena performa yang sangat buruk dalam dua periode yang berbeda. Berakhir tanpa trofi dalam mantra pertamanya di Barcelona, meski menghabiskan waktu lebih dari dua tahun. Mantra keduanya bahkan lebih mengecewakan.

Kubala gagal mengamankan trofi dalam tugasnya sebagai pelatih kedua di Barcelona, meski singkat hanya berlangsung enam bulan. Dalam mantra keduanya di klub, Kubala hanya tetap bertugas selama 13 pertandingan, menang 7 kali dan kalah 6 kali.

1. Quique Setien

Quique Setien dianggap oleh banyak orang sebagai pelatih Barcelona terburuk dalam beberapa tahun terakhir, hanya bertahan tujuh bulan di tempat kerjanya.

Pelatih Spanyol itu mewarisi skuad yang berkinerja buruk dari Ernesto Valverde, tetapi dianggap sebagai orang yang membalikkan nasib Barcelona. Setien adalah eksponen filosofi Cruyffian, dan gaya permainan menyerangnya dianggap sangat cocok di Camp Nou.

Setien adalah entitas yang sebagian besar tidak dikenal ketika dia ditunjuk di pucuk pimpinan Barcelona, tetapi sangat mengesankan selama mantranya di Real Betis.

Namun, dia tidak pernah berhasil meniru kesuksesan itu selama tujuh bulan bertugas di Camp Nou. Setien pergi tanpa trofi dalam tugasnya di Barcelona, mencatat 16 kemenangan, empat imbang, dan lima kekalahan dalam 25 pertandingan sebagai pelatih. Pertandingan terakhirnya menyimpulkan dengan sempurna masa jabatan pelatihnya di Catalunya.

Barcelona mengalami penghinaan 8-2 di tangan Bayern Muenchen pada babak perempat final Liga Champions. Quique Setien langsung dipecat tiga hari kemudian dan digantikan oleh Koeman.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network