6 Fakta yang Terselip Saat Inggris Menang Telak atas San Marino

"Hancur lebur, San Marino Dilibas 10 gol tanpa balas.."

Berita | 16 November 2021, 13:00
6 Fakta yang Terselip Saat Inggris Menang Telak atas San Marino

Libero.id - Bermain di markas lawan, Inggris tanpa ampun menghajar San Marino dengan 10 gol tanpa balas, laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar pada Selasa (16/11/2021) dini hari WIB itu jadi panggung para pemain-pemain muda.

Gol pertama Inggris dicetak oleh kapten sang kapten Harry Maguire di menit ke-6. Setelah itu Filippo Fabbri melakukan aksi bunuh diri sebelum Harry Kane akhirnya mencetak 4 gol susulan. Hasilnya, sebelum jeda babak pertama Inggris sudah unggul dengan skor 6-0.

Gareth Southgate kemudian melakukan perubahan dan hasilnya Inggris tetap tampil bagus. Emile Smith Rowe berhasil mencetak gol di menit 58 lalu giliran pemain muda lainnya Tyrone Mings dan lalu Tammy Abraham dan pemain Arsenal lainnya yakni Bukayo Saka yang mencetak dua gol.

Dia atas semua itu, berikut kami sajikan 5 fakta menarik dari kemenangan 10-0 Inggris atas San Marino:

1. Kemenangan Tandang Terbesar Lagi

Menurut catatan dari Opta, ini adalah kemenangan terbesar Inggris dalam laga tandang di ajang kompetitif internasional.

Adapun kemenangan terbesar Inggris, menurut laporan Sportbible, terjadi saat The Three Lions menghadapi Irlandia pada tahun 1800-an. Ketika itu, Inggris menang dengan skor luar biasa yakni 13-0.

2. Pertama kali dalam 57 Tahun

Kemenangan dengan skor 10-0 ini juga pertama kalinya sejak tahun 1964 bagi Inggris dalam satu laga.

Negeri Ratu Elizabeth itu terakhir kali melakukannya dengan skor yang sama saat menghadapi Amerika Serikat.

3. Gol Terbanyak dalam Kualifikasi Piala Dunia/Euro

Tak cuma itu saja, jumlah gol tersebut juga merupakan pertama kalinya Inggris mencetak gol begitu banyak di babak kualifikasi Piala Dunia atau Euro.

Sebelumnya, gol terbanyak yang Inggris pernah cetak di babak tersebut adalah sembilan gol yang tercipta di laga kontra Luxembourg pada 1983 yang silam.

4. Babak Pertama dengan Skor Margin Terbesar

Inggris menutup babak pertama dengan keunggulan telak 6-0. Menariknya, itu lagi-lagi adalah pertama kalinya dalam 75 tahun Inggris yang mencetak 6 gol di babak pertama sebuah laga.

Terakhir kali Inggris melakukan itu terjadi pada November 1946. Ketika itu, Inggris menang dengan skor 8-2 atas Belanda, setelah sebelumnya unggul 6-0.

5.  Rekor Jude Bellingham

Bellingham menjadi pemain kedua dalam sejarah Inggris yang berhasil memenangi 10 laga pertamanya secara beruntun untuk The Three Lions.

Sebelum bintang muda Borrusia Dortmund itu ada Theo Walcott yang selalu menang dalam 14 laga berturut-turut pertamanya untuk Inggris.

6. Produsen Gol Berkelas

Gol dari Emile Smith Rowe di ini punya nilai penting bagi sejarah panjang timnas Inggris. Ia menjadi pemain pertama yang mencetak gol di laga debut untuk Inggris sejak Maret 1992.

Tetapi momen itu sekaligus menjadikan bintang muda Arsenal itu sebagai pemain ke-18 yang menyumbang gol untuk Inggris sepanjang 2021 ini. Dan itu juga adalah pertama kalinya Inggris memiliki pencetak gol begitu banyak dalam renteng kurang dari satu tahun.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network