Selamat Ulang Tahun!

12 Momen Keributan di Luar Lapangan Paling Ikonik

"Nomor 3 akhirnya diketahui pelakunya."

Analisis | 12 November 2021, 15:57
12 Momen Keributan di Luar Lapangan Paling Ikonik

Libero.id - Tensi pertandingan yang panas akan membuat para pemain biasanya saling adu mulut, bahkan sampai pada tingkat kekerasan fisik.

Dalam sepakbola, hal seperti itu masih terbilang wajar-wajar saja. Dalam sejarahnya ada banyak sekali momen ribut-ribut yang jauh lebih parah dari sekadar kalimat di atas, baik itu melibatkan antarsuporter, atau antarpemain, pemain dengan wasit, dan seterusnya.

Berkaitan dengan hal itu, kami telah mengumpulkan beberapa keributan yang terjadi di luar lapangan. Fakta itu dianggap paling banyak diingat orang sampai sekarang. Dan, inilah daftarnya:

1. Marco Ianni vs Jose Mourinho

Pada laga yang dihelat di Stamford Bridge itu, Chelsea unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Antonio Ruediger sebelum akhirnya sepasang gol Anthony Martial membawa Manchester United berbalik memimpin 2-1.

Laga mesti berakhir dengan imbang 2-2 setelah Ross Barkley menyamakan skor di menit-menit akhir. Rekan setimnya, Ianni, merayakan gol penyeimbang di menit akhir Ross Barkley itu dengan cara yang sangat provokatif.

Kejadian itu pula yang lantas memicu sebuah insiden di pinggir lapangan, tepatnya ketika Mourinho tersulut emosinya. Pelatih asal Portugal itu bangkit dari tempat duduknya sambil menunjuk ke arah bench para pemain Chelsea.

10 Foto Daniella Semaan, Istri Cesc Fabregas yang Dijuluki Queen of the WAGs

10 Foto Daniella Semaan, Istri Cesc Fabregas yang Dijuluki Queen of the WAGs

2. Milkgate Derby Manchester

Mikel Arteta, yang saat itu masih menjadi asisten pelatih Pep Guardiola, mengalami luka di kepala pada Desember 2017. Pelatih asal Spanyol itu terkena botol minuman plastik saat terjadi keributan setelah Manchester City menang 2-1 di Old Trafford.

Yang lebih lucu lagi, seseorang melemparkan sekotak susu ke pelatih Man United, Jose Mourinho, yang rupanya itu adalah perbuatan dari seorang anggota staf pelatihnya sendiri.

Semua karena pelatih Portugal itu tersinggung dengan selebrasi Man City di akhir pertandingan.

3. Pizzagate Manchester United vs Arsenal

Manchester United sempat terlibat dalam ribut-ribut 13 tahun silam, terlebih saat mereka menghadapi Arsenal. Momen ini sampai diberi julukan 'Pertempuran Prasmanan' atau ‘Pizzagate’ sebagai pertandingan yang diisi dengan tekel keras tanpa hukuman diikuti dengan perkelahian di terowongan.

Dalam pertengkaran pasca-pertandingan, seorang pemain Arsenal melempar sepotong pizza ke arah Sir Alex Ferguson – akhirnya dikonfirmasi bahwa pelakunya adalah Cesc Fabregas.

4. Roy Keane vs Patrick Vieira

Mungkin yang paling terkenal – dan sekali lagi melibatkan Manchester United dan Arsenal pada 2005, setahun setelah insiden Pizzagate.

Kali ini keributan terjadi sebelum pertandingan dimulai. Ketika kedua kapten bersiap memimpin rekan-rekannya menuju lapangan utama, adu mulut dan saling tunjuk terjadi di terowongan stadion. Mereka juga memiliki nada emosi yang tinggi.

5. Kevin Mirallas vs Jack Wilshere

Dalam hasil imbang 0-0 dengan Everton pada 2013, para pemain Arsenal menjadi frustrasi dan marah. Itu diwujudkan dalam bentuk tekel keras ke tim tamu.

Tak sampai di situ, saat para pemain berjalan keluar pada babak pertama, perkelahian kecil terjadi antara Wilshere dan Mirallas. Tayangan video kemudian menunjukkan pemain Belgia itu menyemprot wajah nomor 10 Arsenal dengan botol air.

6. Chelsea vs Spurs

Di akhir pertandingan yang sangat buruk walau akhirnya memberi jalan bagi Leicester City memenangkan gelar Liga Premier. Pemain Chelsea dan Tottenham terlibat bentrok secara massal, di mana Fabregas terlibat lagi.

Perkelahian lainnya tak kalah brutal tentu adalah ketika Danny Rose datang dengan terjangan kakinya ke arah pelatih Chelsea saat itu, Guus Hiddink, ketika hendak menuruni tangga di ruang istirahat Stamford Bridge.

7. Kenny Dalglish vs Arsene Wenger

Duel Liverpool melawan Arsenal menuju menit akhir, dan Dirk Kuyt menyelamatkan wajah Liverpool dari rasa malu lewat gol dari titik putih. Skor menjadi 1-1.

Wenger tidak bisa menerima hal itu, dan dia pun langsung menghampiri Pelatih Liverpool, Kenny Dalglish, walau legenda The Reds itu bersikap cuek dan tampak mengusir Wenger. Pelatih asal Prancis itu tampak kesal, lalu meninju Dalglish.

8. Jose Mourinho vs Tito Vilanova

The Special One memang tak henti-hentinya berbuat kontroversi, salah satunya dalam laga El Clasico 2011. Duel itu memicu keributan saat Mourinho menyelinap dengan kesal di antara kerumunan hanya untuk mencongkel mata Pelatih Barcelona, Tito Vilanova.

9. Gennaro Gattuso vs Joe Jordan

Tottenham Hotspur sukses mencuri poin penuh di kandang AC Milan dalam laga Liga Champions pada 2011.

Saat itu Milan dikapteni oleh Gattuso. Akibat tensi laga yang panas tanpa tedeng aling-aling, Gattuso menghampiri pelatih Spurs saat itu, Joe Jordan, dan dia mengajak ribut tentu saja.

10. Hearts vs Hamilton

Liga Premier Skotlandia ternyata punya momen ribut-ribut yang tak kalah memalukannya. Itu terjadi ketika pertandingan mempertemukan Hearts melawan Hamilton.

Pemain, pelatih, bahkan seorang polisi ikut terlibat dalam perkelahian ini.

11. Alan Pardew vs David Meyler

Aksi ini terjadi saat Newcastle United bertemu dengan Hull City. Satu insiden buruk dalam laga itu melibatkan Pelatih Newcastle United, Alan Pardew, di mana dia menanduk pemain lawan David Meyler.

Sepatutnya Pardew diberikan larangan tujuh pertandingan Liga Premier untuk tindakannya itu.

12. Leonardo Bonucci vs Max Allegri

Kemenangan 4-1 atas Palermo pada Februari 2017 seharusnya relatif mudah bagi Juventus.

Namun, di balik kemenangan itu ada ribut-ribut internal yang terjadi. Allegri masih menemukan alasan untuk berdebat dengan Bonucci saat kamera mendengar sang manajer berteriak: “Diam, brengsek! Persetan! ” Bonucci menjawab dengan menyuruh Allegri untuk “pergi ke neraka”.

Tidak mengherankan melihat bek tangguh itu akhirnya meninggalkan Juve pada musim panas berikutnya. Lebih mengejutkan melihatnya kembali ke Turin setelah satu musim bersama AC Milan.

(mochamad rahmatul haq/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=S9ONOZzRnjU

Artikel Pilihan